Hormati, Fani (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA FLIP CHART UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 AKU DAN CITA-CITAKU DI KELAS IV SDN DAMA KECAMATAN LOLODA KEPULAUAN. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. CAVER.pdf - Published Version Download (99kB) |
![]() |
Text
A. CAVER.pdf - Published Version Download (99kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (90kB) |
![]() |
Text
E. BAB I.pdf - Published Version Download (96kB) |
![]() |
Text
E. BAB I.pdf - Published Version Download (96kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (154kB) |
Abstract
Fani Hormati, 2024 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Berbantuan Media Flip Chart Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 6 Subtema 1 Aku Dan Cita-Citaku Di Kelas IV SD Negeri Dama Kecamatan Loloda Kepulauan. Dibimbing oleh : Dr. Wahid Umar S.Pd, M.Pd selaku pembimbing I dan Anwar Marasabesy S.Pd, G.r, M.Pd selaku Pembimbing II. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk Mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berbantuan media flip chart untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 6 subtema 1 aku dan cita-citaku siswa di kelas IV SDN Dama kecamatan Loloda Kepuluan. (2) Untuk Mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berbantuan media flip chart pada tema 6 subtema 1 aku dan cita-citaku dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Dama kecamatan Loloda Kepuluan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Dama dengan jumlah 20 siswa yang terdiri dari 9 laki-laki dan 11 perempuan, adapun tahapan pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan data penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada Siklus I dengan nilai rata-rata presentase yaitu 44,5 dengan jumlah siswa tuntas 3 siswa (15%) dan siswa tidak tuntas yaitu 17 siswa (85%) untuk aktivitas guru 61,76% dan aktivitas siswa 57,35%. Sedangkan pada tes ketuntasan belajar siswa siklus II dengan nilai rata-rata presentase yaitu 70,50 dengan jumlah siswa tuntas yaitu 16 siswa (80%) dan siswa tidak tuntas yaitu 4 siswa (20%) untuk aktivitas guru 82,35% dan aktivitas siswa 88,23%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture And Picture berbantuan media flip chart pada tema 6 subtema 1 aku dan cita-citaku dapat meningkatkan hasil belar siswa kelas IV SDN Dama Kecamatan Loloda Kepulauan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QL Pgsd Q Science > QL Pgsd |
Divisions: | > Pendidikan Pgsd > Pendidikan Pgsd > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 05:02 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 05:02 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5458 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |