PENERAPAN MODEL RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 57 KOTA TERNATE PADA TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN SUBTEMA 1 JENIS-JENIS PEKERJAAN

Sora, Friska (2024) PENERAPAN MODEL RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 57 KOTA TERNATE PADA TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN SUBTEMA 1 JENIS-JENIS PEKERJAAN. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (103kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (90kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (235kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (163kB)

Abstract

Friska Sora, 2024: Penerapan Model Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 57 Kota Ternate. Dibimbing Oleh Dr. Samsu Somadayo, S.Pd.,M.Pd Dan Dr. Ridwan Jusuf, S.Pd., M.,Pd. Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) penerapan model reciprocal Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 57 Kota Ternate pada tema 4 berbagai pekerjaan subtema 1 jenis-jenis pekerjaan. (2) peningkatan hasil belaja siswa kelas IV SD Negeri 57 Kota Ternate pada tema 4 berbagai pekerjaan subtema 1 jenis-jenis pekerjaan dengan menerapkan model reciprocal Teaching. jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 57 Kota Ternate yang berjumlah 20 siswa. Penelitian tindakan kelas (PTK) di laksanakan menggunakan 2 siklus yaitu siklus I dua kali pertemuan dan siklus II dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menerapkan model Reciprocal Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 4 Berbagai pekerjaan subtema 1 jenis-jenis pekerjaan pada pembelajaran 1 untuk siklus I dan pembelajaran ke II untuk siklus II. Rata-rata Hasil belajar pada siklus I adalah 69,3% dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 78,30%. Aktivitas siswa di siklus I rata-rata 62.05% dan aktivitas pada siklus II meningkat menjadi 77.08%. Hasil ini model Reciprocal teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 57 Kota Ternate pada tema 4 Berbagai pekerjaan subtema 1 jenis-jenis pekerjaan. Kata Kunci: Model Reciprocal Teaching, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: > Pendidikan Pgsd
> Pendidikan Pgsd
> Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 22 Sep 2025 05:04
Last Modified: 22 Sep 2025 05:04
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5482

Actions (login required)

View Item View Item