R. Manan, Gunawan (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN HASIL MENULIS PUISI PADA SISWAKELAS V SD NEGERI 80 HALMAHERA SELATAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (346kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (13kB) |
![]() |
Text
E. BAB I.pdf - Published Version Download (306kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (119kB) |
Abstract
Gunawan R. Manan, 2023. Meningkatkan Kemampuan Hasil Menulis Puisi Pada Siswa Kelas V SD Negeri 80 Halmahera Selatan Dengan Menggunakan Media Power Point .Dibimbing Oleh: Kodrat Hi Karim S. Pd., M.Pd selaku pembimbing I dan Suhardi Abdullah S.Pd., M.Hum. Kesulitan yang dialami siswa diakibatkan belum efektifnya pembelajaran menulis yang dilaksanakan di dalam kelas, siswa belum dibekali media yang tepat untuk memudahkan mereka dalam proses pembelajaran. Pembelajaran menulis puisi di dalam kelas V SD Negeri 80 Halmahera Selatan, menggunakan metode ceramah yang membuat siswa jenuh, belajar tidak sungguh-sungguh dan tidak kreatif. Media yang digunakan kurang variatif sehingga menyebabkan pembelajaran cenderung membosankan dan kurang mengeksplorasi kemampuan siswa secara maksimal. Perbaikan pembelajaran menulis puisi harus segera dilaksanakan agar tujuan pembelajaran dapat segera tercapai dan ditemukan jalan keluarnya. Salah satu upaya perbaikan tersebut yakni dengan menggunakan media yang tepat. Alasan penggunaan media sebagai solusi untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan siswa media Power Point diharapkan dapat meningkatkan minat peserta didik sejak awal pembelajaran dan dapat mempermudah siswa dalam menulis puisi, yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi. Media Power Point dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajarannya dan dapat digunakan untuk merangsang daya imajinasi siswa, sehingga siswa dapat dengan mudah menuangkan gagasan-gagasan dan ideidenya ke dalam sebuah rangkaian kata-kata indah hingga menjadi sebuah cerita yang dapat dinikmati. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan berupa penilaian aktivitas guru dan siswa, dan penilaian ketuntasan indivu dan klasikal. Hasil penelitian menunjukan bahwa, kemampuan hasil menulis puisi dengan menggunakan media pada siswa kelas V SD Negeri 80 Halmahera Selatan mengalami peningkatan Power Point, mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut telihat pada hasil tes siswa siklus II, yakni ketuntasan siswa secara individu persentasenya 20%, dan ketuntasan klasikalnya 100%. Sedangkan pada siklus I siswa memperoleh nilai ketuntasan yang renda yakni ketuntasan individunya 20% dan ketuntasan klasikalnya 13%. Media pembelajaran menggunakan Power Point mempunyai impek yang efektif terhadap proses pembelajaran siswa V SD Negeri 80 Halmahera Selatan. Kata Kunci : Kemampuan Menulis Puisi, Media PowerPoint
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QL Pgsd Q Science > QL Pgsd |
Divisions: | > Pendidikan Pgsd > Pendidikan Pgsd > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 05:04 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 05:04 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5486 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |