PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LOK R UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA SISWA KELAS V TEMA 7 SUB TEMA 1 PERISTIWA KEBANGSAAN MASA PENJAJAHAN DI MIN 3 TIDORE

Ikram, Jusman (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LOK R UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA SISWA KELAS V TEMA 7 SUB TEMA 1 PERISTIWA KEBANGSAAN MASA PENJAJAHAN DI MIN 3 TIDORE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (208kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (160kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (382kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (161kB)

Abstract

Jusman Ikram, 2024: Penerapan Model Pembelajaran Lok-R Untuk meningkatkan Literasi Membaca Siswa Kelas V Tema 7 Subtema I Peristiwa Kebangasaan Masa Penjajahan Di MIN 3 Tidore. Dibimbing oleh: (1) Dr. Samsu Somadayo,S.Pd.,M.Pd (2) Selvi Wulandari,S.Pd.,M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajran Lok-R dalam pembelajaran literasi membaca siswa kelas V MIN 3 Tidore. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah 12 siswa dimana terdapat 6 siswa laki – laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahap yaitu untuk menentukan ketuntasan hasil belajar siswa secara individual, untuk menentukan ketuntasan belajar siswa secara klasikal, dan untuk menghitung persentase hasil aktivitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan pada siklus dimana siklus I diperoleh ketuntasan literasi membaca dengan persentase 67,08% sebanyak 6 siswa, aktivitas siswa siklus I 58,81%. Kemudian pada siklus II diperoleh ketuntasan literasi membaca dengan persentase 68,75% sebanyak 9 siswa, aktivitas siswa 84,09. Model pembelajaran Lok-R meningkatkan litersasi membaca siswa kelas V MIN 3 Tidore pada mata pelajaran IPS. Kata kunci : Lok-R, Literasi Membaca siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 23 Sep 2025 02:52
Last Modified: 23 Sep 2025 02:52
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5519

Actions (login required)

View Item View Item