PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 5 KOTA TERNATE PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 SUHU DAN KALOR

Djufri, Kartini (2024) PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 5 KOTA TERNATE PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 SUHU DAN KALOR. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (101kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (90kB)
[thumbnail of E. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (244kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (160kB)

Abstract

Kartini Djufri, 2024: Penerapan Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 5 Kota Ternate Pada Tema 6 Subtema 1 Suhu Dan Kalor 2023-2024. Pembimbing Dr. Wahid Umar, S.Pd., M.Pd dan Selvi Wulandari, S.Pd., M.Pd Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Share dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 5 Kota Ternate pada tema 6 subtema 1 suhu dan kalor. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 5 Kota Ternate yang berjumlah 22 orang siswa yang terdiri dari 7 laki-laki dan 15 perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan MC Taggart yang mempunyai empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari observasi, tes dan dokumentasi sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dengan penggunaan model ini siswa terampil dalam melakukan tanya jawab pada saat diskusi berlangsung dan mengalami peningkatan dalam memahami materi yang di ajarkan dan juga meningkatkan keaktifan, kreatifitas, dan perhatian siswa dalam belajar. 2) Model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 5 Kota Ternate pada tema 6 subtema 1 suhu dan kalor. Pada tahap siklus I terdapat 5 orang siswa yang tuntas dengan persentase sebesar 22,73% sedangkan pada tahap siklus II terdapat 20 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 90,90%. Kategori ketuntasan siswa dalam pembelajaran secara klasikal jika mencapai 80%, sehingga ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus II sudah tercapai. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Share untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 5 Kota Ternate ini dapat membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dinyatakan berhasil. Kata kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Think Pair Share, Tema 6 Subtema 1 Suhu dan Kalor

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 23 Sep 2025 02:52
Last Modified: 23 Sep 2025 02:52
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5520

Actions (login required)

View Item View Item