UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 52 KOTA TERNATE MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI CERITA TENTANG DAERAHKU

Fitriyana, Nayu (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 52 KOTA TERNATE MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI CERITA TENTANG DAERAHKU. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (101kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (89kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (157kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (160kB)

Abstract

Nayu Fitriyana, 2024 : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 52 Kota Ternate Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pembelajaran IPAS Materi Cerita Tentang Daerahku. Dibimbing oleh Pamuti, S.Pd., M.Si selaku pembimbing I dan Selvi Wulandari, S,Pd., M.Pd selaku pembimbing II. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya menggunakan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 5 Kota Ternate pada materi Cerita Tentang Daerahku. Dan untuk mengetahui berapa besar peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN 52 Kota Ternate pada materi Cerita Tentang Daerahku menggunakan model pembelajaran PBL.. Penelitian ini merupkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) . dan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV dari jumlas siswa 22 orang terdiri dari laki-laki 12 orang perempuan 10 orang. Teknik Tes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif Hasil penelitian ini menunjukan terdapat peningkatan pada setiap siklus. Di mana siklus I diperoleh ketuntasan belajar dengan persentase 28% sebanyak 6 siswa, aktivitas guru 64% dan aktivitas siswa 53%. Kemudian pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar 17 siswa dengan persentase 78%, aktivitas guru meningkat menjadi 87%bdan aktivitas siswa 85%. Berdasarkan hasil persentase di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPAS materi Cerita Tentang Daerahku dapat meningkat hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 52 Kota Ternate. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Problem Based Learning, IPAS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 23 Sep 2025 02:52
Last Modified: 23 Sep 2025 02:52
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5522

Actions (login required)

View Item View Item