Rohayati Husain,, Siti (2024) PENGGUNAAN MODEL DRTA BERBANTUAN MEDIA BIG BOOK DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (243kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (260kB) |
![]() |
Text
E. BAB I.pdf - Published Version Download (172kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTSAKA.pdf - Published Version Download (223kB) |
Abstract
ABSTRAK Siti Rohayati Husain, 2024. Penggunaan Model DRTA Berbantuan Media Big Book dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Kota Ternate. Pembimbing Kodrat Hi Karim, S.Pd., M.Pd dan Sukria Ahsan, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan model pembelajaran DRTA berbantuan media big book dan untuk mendeskripsikan bagaimana hasil dalam kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V Negeri 2 Kota Ternate. Desain penelitian adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB dengan jumlah siswa 26 siswa. Instrument yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi guru dan siswa, serta lembar wawancara. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model Miles and Huberman. Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran DRTA berbatuan media big book dilakukan sebagai berikut: (1) langkah pertama siswa membuat prediksi sesuai petunjuk judul kemudian, meminta siswa untuk memrediksi judul sebagai petunjuk dalam memprediksi isi teks bacaan. (2) langkah kedua siswa membuat prediksi dari petunjuk gambar, meminta siswa untuk memprediksi isi bacaan berdasarkan gambar yang telah mereka lihat. (3) langkah ketiga peneliti membagikan media big book dan siswa membaca teks pada paragraf pertama. (4) langkah keempat siswa menilai ketepatan prediksi dan menyesuaikan prediksi, selanjutnya siswa menilai dan mencocokan hasil prediksi yang telah mereka buat dengan teks yang mereka baca apakah sesuai atau tidak. (5) langkah kelima guru mengulang kembali prosedur 1 sampai 4 pada setiap paragraf, selanjutnya peneliti meminta siswa untuk mebaca teks secara keseluruhan, kemudian siswa mencocokan kembali prediksi mereka. (6) Langkah keenam siswa membuat ringkasan, siswa menuliskan informasi apa saja yang mereka pahami pada teks bacaan pada media big book, kemudian siswa menuliskan informasi informasi pada LKPD. Adapun hasil dari penggunaan model pembelajaran DRTA berbantuan media big book yakni Pada indikator „menentukan ide pokok‟ terdapat 25% siswa yang menjawab dengan jawaban yang tepat, pada indikator „menjawab pertanyaan sesuai isi teks‟ terdapat 50% siswa menjawab dengan jawaban yang tepat, Pada indikator „menulis kembali isi teks bacaan‟ terdapat 13% siswa menjawab dengan jawaban yang tepat, Pada indikator „membuat ringkasan‟ terdapat 12% siswa yang dapat menjawab soal dengan jawaban yang tepat. Kesimpulannya berdasarkan hasil tes kemmapuan membaca pemahaman siswa kelas VB SD negeri 2 Kota Ternate memperoleh nilai rata rata 70,47 dengan kategori cukup. Kata kunci: membaca pemahaman, DRTA, big book
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QL Pgsd Q Science > QL Pgsd |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 06:48 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 06:48 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5559 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |