PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN SISWA KELAS II SD NEGERI 15 KOTA TERNATE

Hi Ashab, Sitimutia (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN SISWA KELAS II SD NEGERI 15 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (119kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (89kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (177kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (165kB)

Abstract

Sitimutia Hi Ashab, 2024. Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan Siswa Kelas II SD Negeri 15 Kota Ternate. Dibimbing oleh : Bapak Dr. Ridwan Jusuf, S.Pd.,M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Risna Srinawati, S.Pd.,M.Pd selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan pemahaman konsep penjumlahan menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantuan media konkret. . Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 15 Kota Ternate yang berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 10 orang perempuan dan 11 orang laki-laki. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung selama dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah tes kemampuan siswa, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dengan menggunakan Gain ternormalisasi (N Gain). Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar pemahaman siswa terhadap konsep penjumlahan materi bilangan 2 digit 1 angka. Hal ini dibuktikan dengan adanya temuan perolehan hasil siswa pada siklus I terdiri 6 siswa yang mencapai KKM dengan persentase sebesar 28,57% dan 15 siswa yang belum mencapai KKM dengan persentase 71,42% disertai. aktivitas guru 60% dan aktivitas siswa 57,33%. Kemudian pada siklus II hasil pemahaman siswa pada materi penjumlahan mengalami peningkatan yakni 18 siswa mencapai nilai KKM sebesar 85,71% dan 3 atau 14,28% siswa belum mencapai nilai KKM yang ditetapkan oleh pihak sekolah. Sementara, hasil pengamatan aktivitas guru terhadap pembelajaran menunjukkan peningkatan sebesar 93,33%, sedangkan aktivitas siswa meningkat sebesar 94,66%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model inkuiri berbantuan media konkret dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi konsep penjumlahan siswa kelas II SD Negeri 15 Kota Ternate dengan kategori tinggi dan atau dengan presentasi rata-rata 90%. Kata kunci : Inkuiri, Media Konkret, Konsep Penjumlahan, Peningkatan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 23 Sep 2025 06:48
Last Modified: 23 Sep 2025 06:48
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5561

Actions (login required)

View Item View Item