MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SQ4R PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 5 KOTA TERNATE

Idham, Susi (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SQ4R PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 5 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (116kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (96kB)
[thumbnail of E. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (186kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (243kB)

Abstract

Susi Idham. 2024. Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Eksplanasi Menggunakan Model Pembelajaran SQ4R Pada Siswa Kelas III SD Negeri 5 Kota Ternate. Dr. Samsu Somadayo, S.Pd, M.Pd, Selaku Pembimbing I, dan Sukria Ahsan, S.Pd, M. Pd, Selaku Pembimbing II. Tujuan Pelaksanaan Penelitian yang hendak dicapi yaitu (1) Untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran SQ4R untuk meningkatkan kemampuan membaca Teks Eksplanasi Siswa Kelas III SD Negeri 5 Kota Ternate. (2) Untuk mengetahui hasil peningkan kemampuan membaca pemahaman Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas III SD Negeri 5 Kota Ternate. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( classroom action research ). Subjek penelitian yaitu siswa kelas III SD Negeri 5 Kota Ternate sebanyak 23 siswa dengan rincian 11 siswa putra dan 12 siswa putri. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dari penerapan model SQ4R dengan meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siklus I yang tuntas sebanyak 5 siswa atau 21,73% sedangkan yang belum tuntas sebanyak 55,73% dari 23 siswa yang mengikuti proses pemebelajaran dikelas dengan jumlah rata-rata siklus I 55,73%. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa atau 89,9% dari 23 siswa yang mengikuti proses pembelajaran dikelas dengan jumlah rata-rata pada siklus adalah II 77,91% pada aktivitas belajarjuga mengalami peningkatan yang awalnya 55,73% meningkat menjadi 89,9% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan model SQ4R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa Kelas III SD Negeri 5 Kota Ternate. Kata Kunci : Membaca Pemahaman, Model SQ4R

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 23 Sep 2025 06:49
Last Modified: 23 Sep 2025 06:49
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5566

Actions (login required)

View Item View Item