Ali, Anisah (2024) PERAN LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PADA ANAK BINAAN DI LPKA KELAS II TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (67kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (14kB) |
![]() |
Text
E. BAB I.pdf - Other Download (85kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (75kB) |
Abstract
Anisah Ali (2024) dengan judul penelitian: Peran Lembaga Pembinaan Khusus Anak Dalam Pembentukan Karakter Pada Anak Binaan di LPKA Kelas II Ternate. Dibawah bimbingan Bapak Dr. Rustam Hasim, S.Pd., M.Hum sebagai pembimbing I dan Ibu Hasmawati S.Ag., M.Pd sebagai pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya perhatian dari orang tua dan kurang baiknya lingkungan sekitar anak yang berdampak buruk pada karakter yang tidak sehingga memicu anak-anak untuk melakukan suatau tindakan pelanggaran hukum. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui peran Lembaga pembinaan khusus anak dalam pembentukan karakter pada anak binaan di LPKA Kelas II Ternate, 2) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam proses pembentukan karakter di LPKA Kelas II Ternate. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan yang menjadi subjek penelitian yaitu Kepala LPKA Kelas II Terante, Kepala Subag Umum, kepala Seksi Pembinaan, Kepala Subseksi Penilaian dan Pengklasifikasian, Kepala seksi Pengawasan dan Penindakan Disiplin, Staf Pembinaan, Staf penjagaan, Staf Pengelolaan Data Kesehatan, dan Anak Binaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Peran Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Ternate dalam membentuk karakter adalah untuk memberikan pembinaan yang membentuk karakter pada anak binaan seperti pembinaan keagamaan, pembinaan jasmani dan moral, Pembinaan Etika dan Moral, Pembinaan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Pembinaan Kemampuan Intelektual, dan Pembinaan Keterampilan Produktif. Dari keenam program ini maka dapat membentuk karakter yaitu karakter religius, mandiri, jujur, disiplin, peduli social, cinta lingkungan, semangat kebangsaan, toleransi, bersahabat/komunikatif, kreatif, bekerja keras, dan karakter tanggung jawab. (2) Ada beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam proses pelaksanaan pembinaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Ternate, faktor pendukung antara lain adanya Pendidikan formal, ruang pojok baca, ruang belajar, dan adanya para petugas LPKA yang sangat bertanggung jawab dalam membina dan membimbing. Sedangkan yang menjadi penghambat adalah kurangnya minat anak binaan, tidak adanya ruang perpustakan tersendiri, kurangnya tenaga ahli, dan kurangnya suplay aggaran yang masuk di LPKA. Kata Kunci: Pegawai LPKA, Pembentukan Krakter, Anak Binaan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Ppkn Q Science > QH Ppkn |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Ppkn Fakultas > Pendidikan Ppkn Fakultas > Pendidikan Ppkn |
Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 02:50 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 02:50 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5594 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |