Idrus, Wiwin (2024) PENERAPAN MODEL INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 KOTA TERNATE PADA MATERI PERBANDINGAN. Sarjana thesis, Universitas Unkhair.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (27kB) |
![]() |
Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version Download (16kB) |
![]() |
Text
F. BAB I.pdf - Published Version Download (73kB) |
![]() |
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (147kB) |
![]() |
Text
COVER .pdf - Published Version Download (83kB) |
![]() |
Text
ABTRAC.pdf - Published Version Download (219kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (216kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (260kB) |
Abstract
Wiwin Idrus, 2024. Penerapan Model Inquiry Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Siswa SMP Muhammadiyah 2 Kota Ternate Pada Materi Perbandingan. Pembimbing Dr. Drs. Hasan Hamid., M.Si dan Diah Prawitha Sari., S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Apakah Penerapan model Inquiry Learning dapat meningkatkan kemampuan metakognitif siswa SMP Muhammadiyah 2 Kota Ternate pada materi perbandingan, 2) Kemampuan metakognitif siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kota Ternate setelah diterapkan Model Inquiry Learning, 3) Peningkatan kemampuan metakognitif siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kota Ternate setelah diterapkan Model Inquiry Learning. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 20 siswa, jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian pre-experimental design dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri pretest sebelum model Inquiry Learning. Teknik tes berupa uraian yang terdiri dari 3 butir soal, dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial yaitu tafsiran aspek metakognitif, dan gain ternormalisasi (N-Gain). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan model inquiry learning dapat meningkatkan kemampuan metakognitif siswa pada materi perbandingan dengan nilai rata-rata N-Gain 0,77 pada klasifikasi tinggi. Peningkatan siswa pada kategori tinggi ada 16 siswa dengan persentase (80%), pada kategori sedang ada 2 siswa dengan persentase (10%) dan pada kategori rendah ada 2 siswa dengan persentase (10%). Kata Kunci : Kemampuan metakognitif siswa, Perbandingan, Model Inquiry Learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science Q Science Q Science > QA Matematika Q Science > QA Matematika |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rini R. Thalib |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 02:52 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 02:52 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5617 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |