PENERAPAN MODEL INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 KOTA TERNATE PADA MATERI PERBANDINGAN

Idrus, Wiwin (2024) PENERAPAN MODEL INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 KOTA TERNATE PADA MATERI PERBANDINGAN. Sarjana thesis, Universitas Unkhair.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (27kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf] Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (16kB)
[thumbnail of F. BAB I.pdf] Text
F. BAB I.pdf - Published Version

Download (73kB)
[thumbnail of K. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (147kB)
[thumbnail of COVER .pdf] Text
COVER .pdf - Published Version

Download (83kB)
[thumbnail of ABTRAC.pdf] Text
ABTRAC.pdf - Published Version

Download (219kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (216kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (260kB)

Abstract

Wiwin Idrus, 2024. Penerapan Model Inquiry Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Siswa SMP Muhammadiyah 2 Kota Ternate Pada Materi Perbandingan. Pembimbing Dr. Drs. Hasan Hamid., M.Si dan Diah Prawitha Sari., S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Apakah Penerapan model Inquiry Learning dapat meningkatkan kemampuan metakognitif siswa SMP Muhammadiyah 2 Kota Ternate pada materi perbandingan, 2) Kemampuan metakognitif siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kota Ternate setelah diterapkan Model Inquiry Learning, 3) Peningkatan kemampuan metakognitif siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kota Ternate setelah diterapkan Model Inquiry Learning. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 20 siswa, jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian pre-experimental design dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri pretest sebelum model Inquiry Learning. Teknik tes berupa uraian yang terdiri dari 3 butir soal, dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial yaitu tafsiran aspek metakognitif, dan gain ternormalisasi (N-Gain). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan model inquiry learning dapat meningkatkan kemampuan metakognitif siswa pada materi perbandingan dengan nilai rata-rata N-Gain 0,77 pada klasifikasi tinggi. Peningkatan siswa pada kategori tinggi ada 16 siswa dengan persentase (80%), pada kategori sedang ada 2 siswa dengan persentase (10%) dan pada kategori rendah ada 2 siswa dengan persentase (10%). Kata Kunci : Kemampuan metakognitif siswa, Perbandingan, Model Inquiry Learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QA Matematika
Q Science > QA Matematika
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 24 Sep 2025 02:52
Last Modified: 24 Sep 2025 02:52
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5617

Actions (login required)

View Item View Item