ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA 3-6 TAHUN DI TK N PEMBINA 29 TIDORE KEPULAUAN

Safrudin, Hafilat (2024) ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA 3-6 TAHUN DI TK N PEMBINA 29 TIDORE KEPULAUAN. Sarjana thesis, Universitas Unkhair.

[thumbnail of A. COVER .pdf] Text
A. COVER .pdf - Published Version

Download (105kB)
[thumbnail of D. ASBTRAK BAHASA INDONESIA DAN BAHASA INGRIS .pdf] Text
D. ASBTRAK BAHASA INDONESIA DAN BAHASA INGRIS .pdf - Published Version

Download (88kB)
[thumbnail of F.1. BAB I.pdf] Text
F.1. BAB I.pdf - Published Version

Download (178kB)
[thumbnail of G. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (161kB)

Abstract

Hafilat Safrudin, 2024. Analisis Penerapan Model Pembelajaran Sentra Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 3-6 Tahun Di TK N Pembina 29 Tidore Kepulauan.Pembimbing Bahran Taib.,S.Psi.,M.Si dan Umikalsum Arfa.,S.Pd.,M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran sentra dalam mengembangkan kognitif anak usia 3-6 di TK N Pembina 29 Tidore Kepulauan.Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif.Subjek penelitian ini berjumlah 2 orang guru,teknik pengumpulan data yang di lakukan adalah observasi,wawancara,dan dokumentasi.Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data,reduksi data,penyajian data dan penerikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tentang Analisis Penerapan Model Pembelajaran Sentra Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 3-6 Tahun Di TK N Pembina 29 Tidore Kepulauan dapat di simpulkan bahwa: dari 3 indikator dalam penerapan model sentra terdapat masing-masing sentra yang di terapakan dalam mengembengkan kognitif anak yaitu sentra seni,sentra imtaq,dan sentra balok. Yang di mana pada senta seni di terapakan untuk melihan perkembangan belajar dan pemecahan masalah anak,sentra imtaq untuk melihat kemampuan berfikir logis anak dan pada sentra balok melihat kemampuan berfikir simbolik anak. Tetapi pada masing-masing sentra tersebuat untuk pemecahan masalah anak juga dapat berfikir logis,dan berfikir simbolik begitupun sebaliknya pada indikator berfikir logis juga anak dapat memecahakan masalah,berfir logis dan berfikir simbolik.Dengan indikator 1) Belajar dan pemecahan masalah, terdapat, 4 dari 30 anak belum mampu mengidentifikasi masalah yang di hadapi, belum dapat mencari solusi dan belum mampu memecakan masalah yang di hadapi . Indikator 2) berfikir logis, terdapat 3 dari 30 belum dapat mengelompokan sesuai bentuk,warna,dan jenis,belum mengetahuai persamaan dan perbedaan serta belum mengetahui konsep, dan sebab-akibat. Indikator 3) berfikir simbolik terdapat 4 dari 30 anak belum bisa berfikir simbolik belum megenal bilangan dan huruf,belum dapat megelompokkan berdasarkan huruf dan bilangan serta belum mampu mengasa kreatifitasnya. Kata Kunci : Model pembelajaran sentra,kognitif anak

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QM PG-Paud
Q Science > QM PG-Paud
Divisions: Fakultas > Pendidikan PG Paud
Fakultas > Pendidikan PG Paud
Fakultas > Pendidikan PG Paud
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 24 Sep 2025 06:12
Last Modified: 24 Sep 2025 06:12
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5635

Actions (login required)

View Item View Item