ANALISIS PERMASALAHAN GURU PASCA SERTIFIKASI DALAM PENYUSUNAN INSTRUMEN PENILAIAN DI TK PEMBINA KECAMATAN TERNATE UTARA

., Yuliana (2024) ANALISIS PERMASALAHAN GURU PASCA SERTIFIKASI DALAM PENYUSUNAN INSTRUMEN PENILAIAN DI TK PEMBINA KECAMATAN TERNATE UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (113kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK INDONESIA, INGGRIS.pdf] Text
D. ABSTRAK INDONESIA, INGGRIS.pdf - Published Version

Download (144kB)
[thumbnail of F. BAB I.pdf] Text
F. BAB I.pdf - Published Version

Download (165kB)
[thumbnail of K. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (159kB)

Abstract

Yuliana, 2023. Analisis Permasalahan Guru Pasca Sertifikasi Dalam Penyusunan Instrumen Penilaian Di Tk Pembina Kecamatan Ternate Utara. Pembimbing Dr. Rosita Wondal, S.Pd, M.Pd dan Rita Samad S.Pd.,M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Permasalahan Guru Pasca Sertifikasi Dalam Penyusunan Instrumen Penilaian Di Tk Pembina Kecamatan Ternate Utara. Tipe Penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 4 orang guru PAUD Di TK Pembina 1 dan TK Pembina 7 Kecamatan Ternate Utara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tentang Analisis Permasalahan Guru Pasca Sertifikasi Dalam Penyusunan Instrumen Penilaian Di TK Pembina 1 dan TK Pembina 7 Kecamatan Ternate Utara maka disimpulkan 1). Penilaian Catatan anekdot. Permasalahan yang dihadapi guru yaitu anak-anak yang banyak dan jumlah guru yang kurang, terkadang guru tidak bisa melihat secara keseluruhan apa yang terjadi pada anak dalam melakukan penilaian. 2). Penilaian kunjungan rumah, Permasalahan yang di hadapi guru ketika melakukan kunjungan rumah yaitu guru tidak melakukan penilaian tersebut karena zaman sekarang guru menginformasikan melalui grup whatsaap bersama orang tua 3). Penilaian Penugasan, adapun permasalahnnya anak TK berbeda dengan anak dewasa, terkadang anak-anak tidak mau mengerjakan apa yang dipersiapkan oleh guru karena kurang senang hati (mood), 4). Penilaian hasil karya, permasalahannya yaitu ketika anak tidak masuk sekolah sehingga hasil karya yang didapatkan dari satu kelas itu hanyalah sedikit. 5). Penilaian portofolio, Permasalahanya ketika anak-anak tidak masuk sekolah menyebabkan guru kesulitan dalam melakukan penilaian portofolio, namun ketika anak-anak sekolah guru bisa mengambil penilaian portofolio sehingga dapat di masukan dalam perkembangan laporan penilaian setiap anak. Kata kunci: Permasalahan Guru, Pasca Sertifikasi, Penyusunan Instrumen Penilaian

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QM PG-Paud
Q Science > QM PG-Paud
Divisions: Fakultas > Pendidikan PG Paud
Fakultas > Pendidikan PG Paud
Fakultas > Pendidikan PG Paud
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 01 Oct 2025 01:41
Last Modified: 01 Oct 2025 01:41
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5714

Actions (login required)

View Item View Item