PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA TOLKAMA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DASAR PERKALIAN SISWA KELAS II SD NEGERI 15 KOTA TERNATE PADA MUATAN MATEMATIKA

Umanahu, Sarna (2024) PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA TOLKAMA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DASAR PERKALIAN SISWA KELAS II SD NEGERI 15 KOTA TERNATE PADA MUATAN MATEMATIKA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (199kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (294kB)
[thumbnail of E. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (409kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (309kB)

Abstract

Sarna Umanahu, 2023. Penggunaan Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Tolkama Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dasar Perkalian Siswa Kelas II SD Negeri 15 Kota Ternate Pada Muatan Matematika. Pembimbing Darmawati Hady, S.Pd., M.Pd dan Dr. Ridwan Jusuf, S.Pd., M.Pd Penelitian ini di latar belakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran SD Negeri 15 Kota Ternate. Sehingga hasil pemahaman konsep dasar perkalian yang diperoleh peserta didik belum mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 70. Berdasarkan observasi diketahui bahwa aktivitas siswa yang pasif dalam mengikuti proses pembelajaran dalam mempengaruhi hasil pemahaman konsep dasar perkalian dan aktivitas siswa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil pemahaman perkalian siswa kelas II SD Negeri 15 Kota Ternate. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian di lakukan selama dua siklus. Masing – masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini di lakukan di SD Negeri 15 Kota Ternate di kelas II yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 13 siawa perempuan dan 9 siswa laki – laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi, dokumentasi, dan tes.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil pemahaman konsep dasar perkalian siswa.Hal ini di buktikan dengan adanya peningkatan perolehan hasil pemahaman siswa. Pada tahan siklus I terdapat 9 siswa yang mencapai KKM dengan persentase 40,09% dan 13 siswa yang belum mencapai nilai KKM dengan persentase 59,91%, aktivitas guru 72,8% dan aktivitas siswa 68%. Kemudian pada siklus II hasil pemahaman perkalian siswa mengalami peningkatan dimana terdapat 19 siswa yang mencapai nilai KKM dnegan jumlah persentase 86,6% dan 3 siswa yang belum mencapai nilai KKM dengan jumlah persentase 13,6%, aktivitas guru meningkat menjadi 94,66% dan aktivitas siswa 98,66% . Dengan ini dapat di simpulkan bahwa penggunaan model PjBL berbantuan media TOLKAMA untuk meningkatkan pemahaman konsep dasar perkalian siswa kelas II SD Negeri 15 Kota Ternate pada muatan matematika lebih aktif belajar dan meningkatkan hasil pemahaman perkalian siswa dan dapat dinyatakan berhasil. Kata kunci : Model PjBL, Media TOLKAMA, Hasil Pemahaman Konsep Dasar Perkalian Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 02 Oct 2025 06:53
Last Modified: 02 Oct 2025 06:53
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5753

Actions (login required)

View Item View Item