Sebe, Firsal (2024) PERANAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN PPKN DI SMK ASIMA RAHIM HAMID 2 HALMAHERA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (94kB) |
![]() |
Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version Download (195kB) |
![]() |
Text
F. BAB I.pdf - Published Version Download (223kB) |
![]() |
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (160kB) |
Abstract
Firsal Sebe NPM. 03071811021 (2024) “Peranan Media Sosial Dalam Pembelajaran Ppkn Di Smk Asima Rahim Hamid 2 Halmahera Utara ” “ Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Bimbingan Hasmawati, S.ag,.M.Pd dan Drs Mukhtar Yusuf,.M.Si. Tujuan penelitian ini (1) Untuk Mengkaji bagaimana peranan media sosial youtobe dalam pembelajaran Ppkn di Smk Asima Rahim Hamit 2 Halmahera Utara. (2) Untuk Mengetahui Faktor Pendorong dan penghambat peranan media sosial youtobe dalam pembelajaran Ppkn di Smk Asima Rahim Hamit 2 Halmahera Utara. Metode Penelitian ini Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu suatu penelitian paling dasar, yang bertujuan untuk mendeskripsikan suatu fenomena yang terjadi, baik yang bersifat alami maupun fenomena buatan manusia. Penelitian deskriptif yakni sebuah tindakan yang mempelajari mengenai bentuk, aktivitas, karakter, hubungan, perubahan, perbedaan, dan kesamaan dengan suatu fenomena lainnya. Hasil yang diperoleh dari tindakan penelitian ini dapat menemukan temuan-temuan terkait konsep dalam penelitian ini. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer dan sekunder yang responden adalah Kepala Sekolah, Kaur Kurikulum, Guru PPKN, Siswa dan Siswi. Sedangkan tehnik pengumpulan data mengunakan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa (1) Peranan media sosial youtobe memberikan sarana baru bagi siswa Terhadap pembelajaran Ppkn di Smk Arh 2 dalam mengekspresikan diri. Orang biasa, orang pemalu, atau orang yang selalu gugup mengungkapkan pendapat di depan umum akhirnya mampu menyuarakan diri mereka secara bebas. Peran media sosial juga meninggkat juga terlihat dari media sosial yang sangat membantu dan mempengaruhi para siswa untuk semakin maju dan berkembang mengasa kreatifitas siswa tersebut,dan media sebagai tempat para siswa untuk belajar banyak hal di media sosial youobe. (2) Faktor pendukung dan penghambat peranan media sosial youtobe dalam pembeljaran ppkn Smk Asima Rahim Hamit 2 pertama memberikan akses cepat dan muda terhadap pembelajaran pkpn dan meningkatkan minat belajar siswa . media sosial juga mampu memfasilitasi serta menkolaborasi antara siswa dan guru, untuk berdiskusi yang mendalam tentang konsep ppkn, meningkatkan pemahaman melalui ide. Penghambatnya Pertama kurangnya pengawasan, ketidak mampuan dalam mengawasi dan mengelola waktu yang dihabisakan dimedia sosial dapat mengarah pada penggunaan yang tidak terkendali dan berpotensi merugikan minat belajar siswa KataKunci: Media Sosial Dalam Pembelajaran Ppkn Di Smk
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science Q Science Q Science > QH Ppkn Q Science > QH Ppkn |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Ppkn Fakultas > Pendidikan Ppkn Fakultas > Pendidikan Ppkn |
Depositing User: | Rini R. Thalib |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 06:55 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 06:55 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5770 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |