Iskandar, Ahmad (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN IPA-BIOLOGI KONSEP SISTEM REPRODUKSI MANUSIA TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 427 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
|
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (25kB) |
|
|
Text
C. ABSTRAK INDONESIA, ABSTRAK INGGRIS.pdf - Published Version Download (187kB) |
|
|
Text
E. BAB I.pdf - Published Version Download (170kB) |
|
|
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (221kB) |
Abstract
Agama Islam adalah agama yang universal dan tidak mengenal adanya dikotomi keilmuan. Hal ini menandakan bahwa Islam adalah agama yang tidak hanya membahas perihal peribadatan saja, melainkan Islam adalah agama yang bersifat holistik (menyeluruh). Integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran merupakan proses bimbingan melalui suri tauladan guru yang berorientasi pada penanaman nilai-nilai kehidupan yang didalamnya mencakup nilai-nilai agama, budaya, etika dan estetika menuju pembentukan peserta didik yang memiliki kecerdasan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian yang utuh, berakhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, termasuk masyarakat dan negara. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pembelajaran IPA-Biologi yang diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam pada kelas eksperimen dan pembelajaran IPA-Biologi yang tidak diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam pada kelas kontrol. Variabel terikat penelitian ini adalah hasil belajar IPA-Biologi siswa Madrasah tsanawiyah negeri 427 kota Ternate. Analysis of covariance dilakukan untuk membandingkan pengaruh antara model pembelajaran terintegrasi dengan pembelajaran tidak terintegrasi. Efektifitas masing-masing model pembelajaran diukur berdasarkan uji gain score. Hasil analisis ancova memberikan informasi bahwa siswa yang menjalani pembelajaran biologi terintegrasi nilai-nilai Islam memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa madrasah tsanawiyah kelas IX kota ternate dengan taraf signifikansi 0.000 %. Kata Kunci : pembelajaran IPA terpadu, integrasi nilai-nilai Islam, hasil belajar
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QR Biologi Q Science > QR Biologi |
| Divisions: | Fakultas > Pendidikan Biologi Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 03:55 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 03:55 |
| URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/6261 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

