PENGARUH PEMBELAJARAN IPA-BIOLOGI KONSEP SISTEM REPRODUKSI MANUSIA TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 427 KOTA TERNATE

Iskandar, Ahmad (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN IPA-BIOLOGI KONSEP SISTEM REPRODUKSI MANUSIA TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 427 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (25kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK INDONESIA, ABSTRAK INGGRIS.pdf] Text
C. ABSTRAK INDONESIA, ABSTRAK INGGRIS.pdf - Published Version

Download (187kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (170kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (221kB)

Abstract

Agama Islam adalah agama yang universal dan tidak mengenal adanya dikotomi keilmuan. Hal ini menandakan bahwa Islam adalah agama yang tidak hanya membahas perihal peribadatan saja, melainkan Islam adalah agama yang bersifat holistik (menyeluruh). Integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran merupakan proses bimbingan melalui suri tauladan guru yang berorientasi pada penanaman nilai-nilai kehidupan yang didalamnya mencakup nilai-nilai agama, budaya, etika dan estetika menuju pembentukan peserta didik yang memiliki kecerdasan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian yang utuh, berakhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, termasuk masyarakat dan negara. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pembelajaran IPA-Biologi yang diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam pada kelas eksperimen dan pembelajaran IPA-Biologi yang tidak diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam pada kelas kontrol. Variabel terikat penelitian ini adalah hasil belajar IPA-Biologi siswa Madrasah tsanawiyah negeri 427 kota Ternate. Analysis of covariance dilakukan untuk membandingkan pengaruh antara model pembelajaran terintegrasi dengan pembelajaran tidak terintegrasi. Efektifitas masing-masing model pembelajaran diukur berdasarkan uji gain score. Hasil analisis ancova memberikan informasi bahwa siswa yang menjalani pembelajaran biologi terintegrasi nilai-nilai Islam memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa madrasah tsanawiyah kelas IX kota ternate dengan taraf signifikansi 0.000 %. Kata Kunci : pembelajaran IPA terpadu, integrasi nilai-nilai Islam, hasil belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QR Biologi
Q Science > QR Biologi
Divisions: Fakultas > Pendidikan Biologi
Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 28 Oct 2025 03:55
Last Modified: 28 Oct 2025 03:55
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/6261

Actions (login required)

View Item View Item