Yoisangaji, Daut (2023) PERSEPSI GURU DALAM MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DI SEKOLAH MADRASAH ALIYAH SWASTA AL.IKHLAS FATKAUYON. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
|
Text
1. COVER.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
|
Text
3. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN BAHASA INGGRIS.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
|
Text
5. BAB I.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
|
Text
SKRIPSI_DAUD YOISANGAJI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk:1) mengetahui persepsi guru dalam menggunakan penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing di sekolah Madrasah Aliyah Swasta Al.Ikhlas Fatkauyon. 2) Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing di sekolah Madrasah Aliyah Swasta Al Ikhlas Fatkauyon. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan subjek kepala sekolah guru-guru dan peserta didik. metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi teknik analisis data, redukasi data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 1). Bahwa persepsi guru dalam pelaksanaan metode pembelajaran inkuiri terbimbing di sekolah Madrasah Aliyah Swasta Alikhlas Fatkauyon. Metode pembelajaran inkuiri tersebut belum di terapkan di sekolah Madrasah Aliyah Swasta Alikhlas Fatkauyon karena fasilitas yang kurang memadai sehinga guru masih mengunakan metode ceramah, diskusi, dan penugasan. 2) faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi pelaksanaan metode pembelajaran inkuiri terbimbing di sekolah Madrasah Aliyah Swasta Al.Ikhlas Fatkauyon. Dari hasil wawancara tersebut dapat disimpulkan bahwa faktor peghambat yang mempengaruhi metode pembelajaran inkuiri terbimbing yaitu lingkungan,fasilitas yang belum memadai dan jika mengunakan metode pembelajaran inkuiri maka sangat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik karena peserta didik ditekankan untuk berpikir secara kritis, analogis, dan menganalisis hasil penelitian akan tetapi peserta didik sudah terbiasa dengan metode ceramah, diskusi, dan penugasan jika untuk menerapkan metode pembelajaran inkuiri terbimbing maka guru harus membutuhkan waktu yang sangat lama. Kata kunci: Guru harus memiliki ilmu pengatahuan yang lebih tingi.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QH Ppkn Q Science > QH Ppkn |
| Divisions: | Fakultas > Pendidikan Ppkn Fakultas > Pendidikan Ppkn Fakultas > Pendidikan Ppkn |
| Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 06:06 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 06:06 |
| URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/6450 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

