PERSEPSI GURU DALAM MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DI SEKOLAH MADRASAH ALIYAH SWASTA AL.IKHLAS FATKAUYON

Yoisangaji, Daut (2023) PERSEPSI GURU DALAM MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DI SEKOLAH MADRASAH ALIYAH SWASTA AL.IKHLAS FATKAUYON. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 3. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN BAHASA INGGRIS.pdf] Text
3. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN BAHASA INGGRIS.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 5. BAB I.pdf] Text
5. BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 10. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_DAUD YOISANGAJI.pdf] Text
SKRIPSI_DAUD YOISANGAJI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk:1) mengetahui persepsi guru dalam menggunakan penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing di sekolah Madrasah Aliyah Swasta Al.Ikhlas Fatkauyon. 2) Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing di sekolah Madrasah Aliyah Swasta Al Ikhlas Fatkauyon. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan subjek kepala sekolah guru-guru dan peserta didik. metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi teknik analisis data, redukasi data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 1). Bahwa persepsi guru dalam pelaksanaan metode pembelajaran inkuiri terbimbing di sekolah Madrasah Aliyah Swasta Alikhlas Fatkauyon. Metode pembelajaran inkuiri tersebut belum di terapkan di sekolah Madrasah Aliyah Swasta Alikhlas Fatkauyon karena fasilitas yang kurang memadai sehinga guru masih mengunakan metode ceramah, diskusi, dan penugasan. 2) faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi pelaksanaan metode pembelajaran inkuiri terbimbing di sekolah Madrasah Aliyah Swasta Al.Ikhlas Fatkauyon. Dari hasil wawancara tersebut dapat disimpulkan bahwa faktor peghambat yang mempengaruhi metode pembelajaran inkuiri terbimbing yaitu lingkungan,fasilitas yang belum memadai dan jika mengunakan metode pembelajaran inkuiri maka sangat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik karena peserta didik ditekankan untuk berpikir secara kritis, analogis, dan menganalisis hasil penelitian akan tetapi peserta didik sudah terbiasa dengan metode ceramah, diskusi, dan penugasan jika untuk menerapkan metode pembelajaran inkuiri terbimbing maka guru harus membutuhkan waktu yang sangat lama. Kata kunci: Guru harus memiliki ilmu pengatahuan yang lebih tingi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Ppkn
Q Science > QH Ppkn
Divisions: Fakultas > Pendidikan Ppkn
Fakultas > Pendidikan Ppkn
Fakultas > Pendidikan Ppkn
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 06 Nov 2025 06:06
Last Modified: 06 Nov 2025 06:06
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/6450

Actions (login required)

View Item View Item