KEMAMPUAN MENYIMAK CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 3 HALMAHERA UTARA

Pellu, Ade Irma (2021) KEMAMPUAN MENYIMAK CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 3 HALMAHERA UTARA. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (183kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK ADE IRA.pdf] Text
C. ABSTRAK ADE IRA.pdf - Published Version

Download (146kB)
[thumbnail of I. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf] Text
I. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (196kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (114kB)

Abstract

Aktivitas menyimak memerlukan sebuah ingatan untuk memahami sebuah bacaan. Dari ingatan tersebut siswa dapat menggunakan sebuah informasi dan pesan untuk menuangkan dalam sebuah tulisan. Tujuan penelitian ini yaitu 1) mengetahui proses kemampuan siswa dalam menyimak cerpen dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Halmahera Utara, 2) mengetahui hasil kemampuan siswa dalam menyimak cerpen dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Halmahera Utara. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu dalam penelitian deskriptif kuantitatif, metode penelitian yang digunakan adalah metode pembelajaran jigsaw. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan tes dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data Deskriptif. Hasil tes menunjukkan bahwa menggunakan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan kemampuan menyimak cerpen pada siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Haalmahera Utara. Kemampuan menyimak cerpen yang menunjukan ketuntasan siswa sebesar 0% atau dari 22 siswa yang mengikuti proses pembelajaran di kelas dengan jumlah nilai rata-rata pada tes awal pretest adalah 49,63%. Sedangkan pada tes akhir (posttest) persentase siswa meningkat menjadi 1,860% atau 14 siswa yang tuntas dari 22 siswa yang mengikuti proses pembelajaran dikelas dengan jumlah nila rata-rata pada tes akhir posttest adalah 84,54%. Oleh karena itu, kegiatan menyimak cerpen dengan menggunakan metode pembelejaran jigsaw ini dapat meningkatkan kemampuan menyimak cerpen pada siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Halmahera Utara yang dilihat dari hasil tes awal pretest dan tes akhir posttest.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 10 Feb 2023 00:15
Last Modified: 10 Feb 2023 00:15
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/2783

Actions (login required)

View Item View Item