KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 3 HALMAHERA UTARA

MUHAMMAD, IQBAL HI (2021) KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 3 HALMAHERA UTARA. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of a. COVER Muka-converted.pdf] Text
a. COVER Muka-converted.pdf - Published Version

Download (31kB)
[thumbnail of c. ABSTRAK  Indonesia, ABSTRAK  Inggris-converted.pdf] Text
c. ABSTRAK Indonesia, ABSTRAK Inggris-converted.pdf - Published Version

Download (124kB)
[thumbnail of e. BAB I-converted (1).pdf] Text
e. BAB I-converted (1).pdf - Published Version

Download (113kB)
[thumbnail of j. DAFTAR PUSTAKA-converted.pdf] Text
j. DAFTAR PUSTAKA-converted.pdf - Published Version

Download (28kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut (1) Bagaimanakah kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Halmahera Utara? (2) Apakah media audio visual dapat membantu kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Halmahera Utara ?. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Halmahera Utara pada mata pelajaran teks ulasan dengan media audio visual. Metode yang digunakan peneliti adalah penelitian kuantitatif, dengan jumlah populasi sebanyak 69 siswa dan sampel sebanyak 24 siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Halmahera Utara. Instrument yang digunakan soal tes, lembar observasi guru dan siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa sebelum penerapan media audio visual kemampuan siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Halmahera Utara memperoleh nilai rata-rata sebesar 54,83% (prestes). Hasil tes siswa setelah penerapan media audio visual memperoleh nilai rata-rata sebesar 77,33% (postes). Tes akhir siswa memproleh kualifikasi baik (B), dibandingkan tes awal memperoleh kualifikasi kurang (K). Pretest siswa pada aspek (1) ketepatan/kejelasan judul 63,33 kualifikasi cukup (C), aspek 2) Kesesuaian isi dengan topik 52,5 kualifikasi kurang (K), aspek 3) Pilihan kata 53,33 kualifikasi kurang (K), aspek 4) Struktur kalimat 53,33 kualifikasi kurang (K), aspek 5) Penggunaan PUEBI 51,67 kualifikasi kurang (K). Posttest pada aspek (1) ketepatan/kejelasan judul 86,67 kualifikasi baik (B), aspek (2) Kesesuaian isi dengan topik 77.50 kualifikasi baik (B) aspek 3) Pilihan kata 74,17 kualifikasi cukup (C) aspek (4) Struktur kalimat 75,83 kualifikasi baik (B), aspek (5) Penggunaan PUEBI 72.50 kualifikasi cukup (C). Dengan adanya uraian hasil penelitian baik sebelum dan sesudah penerapan media audio visual siswa lebih muda meniru apa yang diajarkan oleh peneliti saat tes akhir (posttes) sehingga pada fase ini terdapat kemampuan yang baik terhadap hasil belajar siswa pada seluruh aspek atau indikator yang dinilai. Kata kunci : Menulis, Audiovisual. .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > Indonesian literature
Divisions: Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 10 Feb 2023 04:13
Last Modified: 10 Feb 2023 04:13
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/2793

Actions (login required)

View Item View Item