SALANGADE, RAINA (2021) KEMAMPUAN MENULIS TEKS ARGUMENTASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRIIL SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 HALMAHERA UTARA. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
Text
A. COVER MUKA.pdf - Published Version Download (50kB) |
|
Text
C. ABSTRAK RAINA.pdf - Published Version Download (251kB) |
|
Text
E. BAB I.pdf - Published Version Download (369kB) |
|
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (150kB) |
Abstract
Tujuan pelaksanaan penelitian ini yaitu 1) Mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis teks argumentasi dengan menggunakan metode drill kelas XI SMA Negeri 9 Halmahera Utara dan 2) Mengetahui sejauhmanakah peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks argumentasi dengan menggunakan metode drill siswa kelas XI SMA Negeri 9 Halmahera Utara, metode yang peneliti gunakan adalah metode drill dengan pendekatan kuantitatif. Hasil belajar Pretest siswa terhadap karangan teks argumentasi sebelum penerapan metode drilll pada aspek 1). penentuan judul/topik diperoleh nilai sebesar 59,35, 2). Kelengkapan struktur teks argumentasi diperoleh nilai 56,13, 3). Kesesuain isi dengan judul perolehan nilai 57,42, 4). Diksi/pilihan kata memiliki nilai 54,84 dan Pedoman umum Ejaan bahasa Indonesia (PUEBI) dengan nilai 56,77 dan siswa tuntas KKM di peroleh 10 siswa yang tuntas 32,26 %, kemudian siswa yang tidak tuntas 21 siswa 67,74 %.Hasil belajar Posttest siswa terhadap karangan teks argumentasi dengan metode drilll pada aspek 1). Penentuan judul/topik diperoleh nilai sebesar 81,29, 2). Kelengkapan struktur teks argumentasi diperoleh nilai 78,71, 3). Kesesuain isi dengan judul perolehan nilai 76,77, 4). Diksi/pilihan kata memiliki nilai 77,42 dan Pedoman umum Ejaan bahasa Indonesia (PUEBI) dengan nilai 70,00 dan siswa tuntas KKM 25 siswa 80,65 %, sedangkan siswa yang tergolong kedalam tidak tuntas 6 siswa 19.35 %.Nilai rata-rata yang di capai siswa pada materi karangan argumentasi sebelum penerapan model diskusi kelompok (Pretest) sebesar 56,90 %, yang masih tergolong hasil belajar kurang sekali, sedangkan setelah penerapan model diskusi kelompok siswa memperoleh hasil belajar dengan nilai rata-rata sebsar 77,55 % yang tegolong keladalam kategori cukup, sehingga pada fase ini terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan baik dan selisih peningkatan 20,65 %.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > Indonesian literature |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Yurni Naser |
Date Deposited: | 10 Feb 2023 05:44 |
Last Modified: | 10 Feb 2023 05:44 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/2805 |
Actions (login required)
View Item |