HAMIDU, HARIANTO (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 HALMAHERA TENGAH PADA KONSEP GERAK LURUS. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
Text
COVER.pdf - Published Version Download (9kB) |
|
Text
ABSTRAK HARYANTO.pdf - Published Version Download (22kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (20kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (8kB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada konsep gerak lurus kelas VIII semester I SMP Negeri 8 Halmahera Tengah. 2) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Halmahera Tengah. 3) Pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada konsep gerak lurus kelas VIII semester I SMP Negeri 8 Halmahera Tengah dengan menggunakan paradigma penelitian yang terdiri atas dua variabel independen dan satu variabel dependen. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji stastistik keberartian korelasi guna untuk melihat pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa diperoleh nilai Fhit > Ftab atau 59,05 > 2,19 dan thit > ttab atau 7,48 > 2,101 sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh antara model pembelajaran Cooperative Learning tipe (NHT) terdapat hasil belajar siswa dapat di terima. Uji statistik yang sama diperlukan untuk melihat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa diperoleh Fhit> Ftab atau 65,94 > 4,41 dan thit > ttab atau 7,86 > 2,101 sehingga berdasarkan pengujian hipotesis tersebut menunjukkan bahwa hipotesis Ha diterima dan hipotesis Ho ditolak. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Halmahera Tengah pada konsep gerak lurus. Besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe (NHT) dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa memiliki kontribusi sebesar 82,81% sehingga korelasinya tergolong sangat kuat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Fisika Q Science > QC Fisika |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Fisika Fakultas > Pendidikan Fisika Fakultas > Pendidikan Fisika Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Yurni Naser |
Date Deposited: | 14 Feb 2023 03:07 |
Last Modified: | 14 Feb 2023 03:07 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/2830 |
Actions (login required)
View Item |