PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 HALMAHERA TENGAH PADA KONSEP GERAK LURUS

HAMIDU, HARIANTO (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 HALMAHERA TENGAH PADA KONSEP GERAK LURUS. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (9kB)
[thumbnail of ABSTRAK HARYANTO.pdf] Text
ABSTRAK HARYANTO.pdf - Published Version

Download (22kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (20kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada konsep gerak lurus kelas VIII semester I SMP Negeri 8 Halmahera Tengah. 2) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Halmahera Tengah. 3) Pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada konsep gerak lurus kelas VIII semester I SMP Negeri 8 Halmahera Tengah dengan menggunakan paradigma penelitian yang terdiri atas dua variabel independen dan satu variabel dependen. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji stastistik keberartian korelasi guna untuk melihat pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa diperoleh nilai Fhit > Ftab atau 59,05 > 2,19 dan thit > ttab atau 7,48 > 2,101 sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh antara model pembelajaran Cooperative Learning tipe (NHT) terdapat hasil belajar siswa dapat di terima. Uji statistik yang sama diperlukan untuk melihat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa diperoleh Fhit> Ftab atau 65,94 > 4,41 dan thit > ttab atau 7,86 > 2,101 sehingga berdasarkan pengujian hipotesis tersebut menunjukkan bahwa hipotesis Ha diterima dan hipotesis Ho ditolak. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Halmahera Tengah pada konsep gerak lurus. Besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe (NHT) dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa memiliki kontribusi sebesar 82,81% sehingga korelasinya tergolong sangat kuat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Fisika
Q Science > QC Fisika
Divisions: Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Pendidikan Fisika
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 14 Feb 2023 03:07
Last Modified: 14 Feb 2023 03:07
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/2830

Actions (login required)

View Item View Item