SUDIN, NURDIANI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENENTUKAN UNSUR INTRINSIK PUISI “HUJAN BULAN JUNI” KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
Text
1. COVER.pdf - Published Version Download (310kB) |
|
Text
3. ABSTRAC BHS INDO DAN INGGRIS.pdf - Published Version Download (160kB) |
|
Text
5. BAB I.pdf - Published Version Download (237kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (218kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui bagaimanakah peningkatan kemampuan menentukan unsur intrinsik puisi “Hujan Bulan Juni” karya Sapardi Djoko Damono dengan menggunakan media audio visual siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Ternate, (2) Untuk mendeskripsikan sejaumanakah peningkatan kemampuan menentukan unsur intrinsik puisi “Hujan Bulan Juni” karya Sapardi Djoko Damono dengan menggunakan media audio visual siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Ternate.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroomaction research). Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Ternate. Jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian sebanyak 25 siswa, dengan rincian 10 putra dan 15 putri. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data dan kesimpulan dapat diketahui (1) hasil penilaian siklus I siswa belum mencapai peningkatan nilai dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu sebesar 76,52% dari 25 siswa, terdapat 9 siswa atau sebesar 36% yang mencapai nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), dan terdapat 16 siswa atau sebesar 64% yang mencapai nilai sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Sedangkan pada siklus II, siswa telah mencapai peningkatan nilai yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 88,52% dari 25 siswa, sebanyak 23 siswa atau sebesar 93% yang mencapai nilai sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan terdapat 2 siswa atau sebesar 8% yang mencapai nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Sedangkan itu untuk aktivitas guru siklus I sebesar 92% pada siklus II aktivitas guru sebesar 100%. Sedangkan aktivitas siswa siklus I sebesar 72% dan aktivitas siswa pada siklus II sebesar 100%. Terdapat peningkatan nilai aktivitas guru dan siswa pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Yurni Naser |
Date Deposited: | 14 Apr 2023 03:22 |
Last Modified: | 14 Apr 2023 03:22 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3124 |
Actions (login required)
View Item |