ANALISIS KOMPETENSI LITERASI SAINS FISIKA SISWA KELAS IX SMPN UNGGULAN 4 BERE-BERE PULAU MOROTAI

MANDEA, JOHRA (2022) ANALISIS KOMPETENSI LITERASI SAINS FISIKA SISWA KELAS IX SMPN UNGGULAN 4 BERE-BERE PULAU MOROTAI. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (27kB)
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf] Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (158kB)
[thumbnail of 5. BAB I.pdf] Text
5. BAB I.pdf - Published Version

Download (171kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (159kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kompetensi Literasi Sains Fisika Siswa dan cara menumbuhkan budaya literasi sains fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian berjumlah 7 orang siswa IPA kelas IX SMPN Unggulan 4 Bere-bere Pulau Morotai. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan triangulasi. Selanjutnya data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi literasi sains fisika siswa pada materi listrik dinamis masih sangat rendah, yaitu P1 hanya mencapai sebesar 42,5%, P2 sebesar 57,5%, P3 sebesar 42,5%, K1 42,5%, sementara K2 sebesar 28,5% dan K3 sebesar 57,5%. Oleh sebab itu, dibutuhkan profesional guru dalam mengembangkan dan menjaga literasi sains disekolah. seperti data hasil wawancara terhadap guru fisika di sekolah (Suraida Roboke, S.Pd), cara menumbuhkan literasi sains siswa telah dilakukan oleh guru fisika sejak tahun 2018 yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Siswa diberikan kesempatan untuk membaca karena dengan membaca berarti siswa bisa mengetahui dan memahami apa yang sudah diketahui dan bisa memaknai apa yang tertulis dalam buku yang telah ia baca. Kata kunci: kompetensi literasi sains, budaya literasi sains

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Pendidikan Fisika
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 10 May 2023 01:48
Last Modified: 10 May 2023 01:48
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3152

Actions (login required)

View Item View Item