FOKAAYA, SUMARLINA (2022) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 5 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (191kB) |
|
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (176kB) |
|
Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (258kB) |
|
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (304kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran model Think Pair Share dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa kelas XG pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 5 Kota Ternate dan bagaimana penerapan model Think Pair Share dalam meningkatkan partisipasi siswa di kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XG SMA Negeri 5 Kota Ternate yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti dan guru kelas dengan melibatkan partisipasi siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalaui observasi dan tes. Teknik analisis data adalah teknik analisis persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS), partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi mengalami peningkatan aktivitas belajar. Rekomendasi yang diberikan oleh peneliti adalah bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) cocok untuk diterapkan, karena model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Geografi Fakultas > Pendidikan Geografi Fakultas > Pendidikan Geografi Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Yurni Naser |
Date Deposited: | 15 May 2023 03:41 |
Last Modified: | 15 May 2023 03:41 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3187 |
Actions (login required)
View Item |