SAFRUDIN, KARTINI (2022) USING CRITICAL READING TASKS TO IMPROVE STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT SMA NEGERI 6 KOTA TIDORE KEPULAUAN. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (209kB) |
|
Text
C. ABSTRAK INDONESIA, ABSTRACK INGGRIS.pdf - Published Version Download (208kB) |
|
Text
E. CHAPTER I.pdf - Published Version Download (215kB) |
|
Text
J. REFERENCES.pdf - Published Version Download (151kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan tugas membaca kritis secara signifikan meningkatkan pemahaman membaca siswa di SMA Negeri 6 Kota Tidore Kepulauan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan pre-experimental desain. Menurut Varaprasad in Rajabi & Tabatabaee (2015), prosedur pelaksanaan tugas membaca kritis adalah: melihat kembali, membuat anotasi, meringkas, menganalisis, membaca ulang, dan menangapi. Sample penelitian melibatkan 25 siswa kelas XI IPA, yamg dipilih dengan teknik Simple random sampling. Data dikumpulkan dengan pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada posttest lebih tinggi (83,2) dari pada nilai rata-rata pretest (52,8). Hasil t-test (9,184) melebihi nilai t-value (1,711) pada level signifikan 0,05 dan derajatkebebasannya 24, menggunakan one tailed test. Oleh karena itu, hipotesis alternative (Hi) diterima sedangkan hipotesis null (H0) ditolak. Disimpulkan bahwa menggunakan tugas membaca kritis mampu meningkatkan pemahaman membaca siswa secara signifikan, karena terjadi perbedaan signifikan antara nilai siswa sebelum perlakuan penggunaan tugas membaca kritis dan setelah perlakuan menggunakan tugas membaca untuk mengajarkan pemahaman membaca.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas > Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Yurni Naser |
Date Deposited: | 30 May 2023 01:26 |
Last Modified: | 30 May 2023 01:26 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3239 |
Actions (login required)
View Item |