HADIYANTO, SYIFA AULIA (2022) CODE-SWITCHING ANALYSIS IN ENGLISH LEARNING PROCESS AT MAN 2 TIKEP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
Text
1. COVER.pdf - Published Version Download (91kB) |
|
Text
3. ABSTRACT.pdf - Published Version Download (443kB) |
|
Text
5. CHAPTER I.pdf - Published Version Download (490kB) |
|
Text
9. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version Download (221kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengidentifikasi tipe-tipe alih kode yang digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris di MAN 2 Tikep, (2) untuk mendeskripsikan fungsi-fungsi alih kode yang digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris di MAN 2 Tikep, (3) untuk menganalisis keefektifan alih kode dalam proses pembelajaran bahasa Inggris siswa di MAN 2 Tikep, yang dianalisis menggunakan teori Poplack dan Mattson & Burenhult. Penelitian ini dilakukan melalui metode deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan teknik simple random sampling untuk menentukan subjek penelitian. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) ada tiga jenis alih kode yang digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris: inter-sentential switching, intra-sentential switching, dan tag switching. (2) terdapat tiga fungsi alih kode yaitu: topic switch, affective function, dan repetitive function. (3) 34 siswa menyatakan bahwa alih kode dapat membantu mereka dalam proses belajar bahasa Inggris. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan alih kode cukup efektif dalam proses belajar mengajar di MAN 2 Tikep. Kata Kunci: alih kode, bilingualism, proses pembelajaran bahasa Inggris
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas > Ilmu Budaya Sastra Inggris Fakultas > Ilmu Budaya Sastra Inggris Fakultas > Ilmu Budaya Sastra Inggris |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 00:36 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 00:36 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3364 |
Actions (login required)
View Item |