KOMUNITAS SEBAGAI MEDIA PROMOSI WISATA BUDAYA KOTA TERNATE STUDI PADA KOMUNITAS TERNATE HERITAGE SOCIET

Hardi, Syientani Salwa (2022) KOMUNITAS SEBAGAI MEDIA PROMOSI WISATA BUDAYA KOTA TERNATE STUDI PADA KOMUNITAS TERNATE HERITAGE SOCIET. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (41kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (33kB)
[thumbnail of BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (365kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (139kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mempromosikan pariwisata melalui media komunitas khususnya wisata budaya yang ada di kota ternate yang berpusat pada komunitas ternate heritage society. Dalam penelitian ini metode yang digunakan merupakan metode dengan pendekatan kualitatif etnografi, pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan diKota Ternate dengan jumlah 3 informan kunci, Model analisis yang digunakan adalah model analisis Miles dan Huberman. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, THS menggunakan strategi branding komunitas sebagai bentuk promosi wisata budaya di Kota Ternate, dimana dalam sebuah komunitas yang mempromosikan budaya dapat melakukan penguatan dalam segi Identitas organisasi menjadi Identitas Organisasi Budaya melalui 6 indikator yaitu adanya tokoh pengagas, menetapkan kategori komunitas, memiliki motivasi, terdapat periode waktu, dan memiliki perbedaan dengan komunitas lainnya atau yang disebut dengan ciri khas suatu komunitas, dan terdapat program kegiatan yang dapat mendukung perubahan, serta melakukan sebuah tindakkan sebagai Penggerak Perubahan (Agent Of Change) melalui proses Internalisasi Nilai Budaya. Komunitas juga dapat menjadi Wadah Promosi (Agent Of Promotion) dalam mempromosikan pariwisata budaya melalui aktivitas dan intensitifitas Digital Marketing. Kata Kunci: Komunitas, Media Promosi, dan Wisata Budaya

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas > Ekonomi Management
Fakultas > Ekonomi Management
Fakultas > Ekonomi Management
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 30 Oct 2023 01:48
Last Modified: 30 Oct 2023 01:48
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3508

Actions (login required)

View Item View Item