PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VIII SMP NASIONAL BANAU KOTA TERNATE

YUSUF, RUFIKA (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VIII SMP NASIONAL BANAU KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (54kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (32kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (168kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (53kB)

Abstract

PenelitianinibertujuanuntukMendeskripsikan penigkatan menulis pengalaman pribadi dengan menggunakan pendekatan Kontekstual dan untuk Mendeskripsikan perubahan kemampuanmenulis pengalaman pribadi dengan menggunakanpendekatan Kontekstual.Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelasVIII SMPNasional Banau Kota Ternate berjumlah 28siswa pada kelas VIII, maka sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelasVIIISMPNasional Banau Kota Ternate.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini sesuai kriteria menunjukan bahwa pencapaian nilai oleh siswa dengan kategori Sangat Baik (SB) sebanyak 5 siswa dengan presentase 17%, siswa yang sangat mampu menegembangkan gagasan dalam menulis pengalaman pribadi yang memiliki kejelasan dan kelengkapan unsur cerita serta sesuai dengan kebahasaan dan kerapian, siswa yang mendapatkan kategori baik (B) sebanyak 9 siswa dengan presentase 32%, siswa mampu menulis pengalaman pribadi dengan pendekatan kontekstual namun belum tepat, hal ini dipengaruhi oleh pengembangan gagasan (ide) dan penggunaan bahasa yang baik dan benar, siswa yang mendapat kategori cukup baik (CB) sebanyak 8 siswa dengan presentase 28%, masih terdapat kesalahan dalam penulisan pengalaman pribadi dengan pendekatan kontekstual yang di pengaruhi oleh gagasan (ide), kesesuaian dan kejelasan isi cerita serta kebahasaan, siswa yang mendapatkan kategori kurang baik (KB) sebanayak 6 siswa dengan presentase 21%, siswa yang mendapat kategori sangat kurang (SK) sebanyak 0 dengan presentase 0%, pada kategori sangat kurang siswa tidak mencapai karena siswa teah mencapai kategori sangat baik, baik, cukup baik, dan sangat kurang. . Kata Kunci :Kemampuan Menulis Pengalaman Pribadi Dengan Kontekstual

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 05 Nov 2024 05:12
Last Modified: 05 Nov 2024 05:12
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4195

Actions (login required)

View Item View Item