PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII-C SMP NEGERI 7 KOTA TERNATE PADA KONSEP GETARAN DAN GELOMBANG

BADIN, IBRAHIM (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII-C SMP NEGERI 7 KOTA TERNATE PADA KONSEP GETARAN DAN GELOMBANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (39kB)
[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (31kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (107kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (87kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa kelas VIII-C SMP Negeri 7 Kota Ternate pada materi getaran dan gelombang. 2) Berapa besar pengaruh hasil belajar siswa kelas VIII-C SMP Negeri 7 Kota Ternate dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada materi getaran dan gelombang. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 7 kota Ternate yang terdiri dari dua belas kelas, yaitu kelas VIII-A sampai VIII-C yang berjumah 372 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri 7 Kota Ternate yang berjumlah 28 siswa. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat pengaruh model Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik keberartian regresi dan keberatian korelasi guna untuk melihat pengaruh model Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap hasil belajar siswa diperoleh nilai Fhit > Ftab atau 9,628 > 16,919 dan thit > ttab atau 9,00 > 22,362 sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh antara penggunaan model Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap hasil belajar siswa dapat diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan model Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap hasil belajar siswa pada konsep getaran dan gelombang di SMP Negeri 7 Kota Ternate. Sedangkan besar pengaruh model Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap hasil belajar siswa ditunjukan dengan kooefisien determinan yaitu sebesar 64%. Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Talking Stick, Hasil Belajar, Getaran dan Gelombang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Pendidikan Fisika
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 02 Dec 2024 01:00
Last Modified: 02 Dec 2024 01:00
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4315

Actions (login required)

View Item View Item