PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA KONSEP USAHA DAN ENERGI DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 KOTA TERNATE

BUAMONABOT, NURHAYATI (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA KONSEP USAHA DAN ENERGI DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (44kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (58kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (141kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (40kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Model Pembelajaran Konvensional pada konsep usaha dan energi. 2). Besar Perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Ternate dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Model Pembelajaran Konvensional pada konsep usaha dan energi. Jenis penelitiannya adalah penelitian Komparatif sedangkan desain penelitiannya adalah desain eksperimen tipe control group pretest–posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Ternate yang berjumlah 180 dan tersebar dalam 5 kelas dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-5 dan kelas VIII-6 dengan teknik pengambilan sampel cluster sampling (diacak), setelah diperoleh 2 kelas sebagai sampel kemudian diacak untuk menentukan kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Tes dilakukan sebelum dan sesudah pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes berupa soal essay yang berjumlah 9 item dengan total skor 63 dan teknik analisis data menggunakan statistik uji-t. Hasil perhitungan data diperoleh thit = 3,61 > 2,00 dengan dk = 58 dan taraf signitifikasi 0,05. Dari hasil perhitungan dapat dikatakan bahwa thit> ttab atau 3,61 > 2,00 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Model Pembelajaran Konvensionalpada konsep usaha dan energi dengan selisih perbedaannya 17,01%. Kata Kunci : Model PBL, Model Konvensional Hasil Belajar Usaha dan Energi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Pendidikan Fisika
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 02 Dec 2024 04:46
Last Modified: 02 Dec 2024 04:46
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4324

Actions (login required)

View Item View Item