ANSAR TOHE, HUMAIRAH (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI IPA SMA KATOLIK BINTANG LAUT TERNATE PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
CAFER.pdf - Published Version Download (73kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (60kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (124kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (129kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar pada ranah kognitif dan kemampuan berpikir kreatif pada ranah afektif dan psikomotor siswa kelas XI IPA SMA Katolik Bintang Laut Ternate pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Katolik Bintang Laut Ternate yang berjumlah 16 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dalam bentuk essay untuk mengetahui hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan teknik non tes dalam bentuk lembar observasi untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa pada ranah afektif dan ranah psikomotor. Teknik analisis data meliputi analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan program SPSS versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada ranah kognitif sesuai dengan hasil uji hipotesis thitung 11,001 > ttabel 2,262 dan nilai sig. (0,000) < 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima dengan nilai gain 0,1 (kategori rendah). Presentase kemampuan berpikir kreatif siswa pada ranah afektif 79,6% (kategori baik) dan ranah psikomotor 74,0% (kategori baik). Kata Kunci: Model Pembelajaran Creative Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kreatif, Hasil Belajar, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan, Statistik Deskriptif dan Inferensial, SPSS
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Kimia Fakultas > Pendidikan Kimia Fakultas > Pendidikan Kimia Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 00:33 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 00:33 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4378 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |