PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI IPA SMA KATOLIK BINTANG LAUT TERNATE PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

ANSAR TOHE, HUMAIRAH (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI IPA SMA KATOLIK BINTANG LAUT TERNATE PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (73kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (60kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (124kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar pada ranah kognitif dan kemampuan berpikir kreatif pada ranah afektif dan psikomotor siswa kelas XI IPA SMA Katolik Bintang Laut Ternate pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Katolik Bintang Laut Ternate yang berjumlah 16 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dalam bentuk essay untuk mengetahui hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan teknik non tes dalam bentuk lembar observasi untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa pada ranah afektif dan ranah psikomotor. Teknik analisis data meliputi analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan program SPSS versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada ranah kognitif sesuai dengan hasil uji hipotesis thitung 11,001 > ttabel 2,262 dan nilai sig. (0,000) < 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima dengan nilai gain 0,1 (kategori rendah). Presentase kemampuan berpikir kreatif siswa pada ranah afektif 79,6% (kategori baik) dan ranah psikomotor 74,0% (kategori baik). Kata Kunci: Model Pembelajaran Creative Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kreatif, Hasil Belajar, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan, Statistik Deskriptif dan Inferensial, SPSS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas > Pendidikan Kimia
Fakultas > Pendidikan Kimia
Fakultas > Pendidikan Kimia
Pendidikan Kimia
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 13 Feb 2025 00:33
Last Modified: 13 Feb 2025 00:33
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4378

Actions (login required)

View Item View Item