PENGARUH PENDEKATAN LINGKUNGAN FISIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTS AL-KHAIRAT KALUMPANG KOTA TERNATE

AHMAD, SATRIA (2019) PENGARUH PENDEKATAN LINGKUNGAN FISIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTS AL-KHAIRAT KALUMPANG KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (47kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (84kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (106kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (31kB)

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara dua variyabel,yaitu variabel bebas dan variabel terkait, dan tersebar dalam 3 kelas dan sampel dalam penelitian ini adalah sebagai dari populasi yaitu 22 siswa dengan teknik pengambilan sampelnya dengan cara non tes dan tes.setelah diperoleh sebagian sampel kemudian diacak untuk menentukan kelas eksperimen untuk pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan mengunakan tes.Tes dilakukan sebelum dan sesuda pembelajaran.Bentuk angket/kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dalam bentuk essay yang berjumlah 15 item dengan skor total 80.Data hasil penelitian dianalisis dengan mengunakan statistik Berdasarkan hasil penelitian melalui angket diperoleh dari skor hasil pengolahan data yang telah diisi siswa kelas VII MTs Al Khairat Kalumpang Kota Ternate. Berdasarkan hasil analisis data pendekatan lingkungan diperoleh nilai terendah 39 dan nilai tertiggi 63, rentang nilai diperoleh dari 63 – 39 = 24, rata-rata pendekatan lingkungan untuk data X diperoleh nilai 53,91 jumlah kelas interval ditentukan dengan rumus K = 1 + 3,3 log 22 hasil yang diperoleh adalah 5,42 dibulatkan menjadi 5, panjang kelas didapat dari rentang dibagi dengan kelas interval (24/5) didapat nilai 4,8 dibulatkan menjadi 5, standar deviasi 5,77 dan varians 33,32. Berdasarkan data hasil siswa pada konsep getaran dan gelombang diperoleh melalui tes soal dengan jumlah 9 item. Dari hasil perhitungan data hasil terendah 25 nilai tertinggi 45, rentang nilai diperoleh dari 45-25 = 20, rata-rata hasil belajar siswa diperoleh nilai 39,77, jumlah kelas interval ditentukan dengan rumus K = 1 + 3,3 log 22 hasil yang diperoleh 5,42 dibulatkan menjadi 5, panjang kelas didapat dari rentang dibagi dengan kelas interval (20/5) didapat nilai 4, standar deviasi 4,16 dan varians 17,33 .Dari hasil tersebut dibuat distribusi frekuensi data variabel hasil belajar siswa Kata Kunci : Pendekatan lingkungan fisik hasil belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Pendidikan Geografi
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 04 Mar 2025 01:05
Last Modified: 04 Mar 2025 01:05
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4522

Actions (login required)

View Item View Item