PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN KONSEPTUAL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 KOTA TERNATE

HUSNI, SITRA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN KONSEPTUAL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (57kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (33kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (86kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB)

Abstract

Kesulitan belajar merupakan suatu kondisi dalam proses belajar yang ditandai dengan hambatan tertentu. Kondisi ini ditandai dengan kesulitan dalam tugas-tugas akademik, baik yang disebabkan oleh problem ne¬urologis maupun psikologis, sehingga prestasi belajarnya tidak sesuai dengan potensi dan usaha yang dilakukan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Team Games Tournament. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penerapan PTK dimaksudkan untuk mengatasi permasalahan yang terdapat di dalam kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I SMP Negeri 5 Kota Ternate, penelitian dilakukan mulai dari tanggal 25 Februari sampai dengan 08 Maret 2019. Hasil yang diperoleh dalam proses pembelajaran menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) dapat meningkatkan pengetahuan konseptual peserta didik, hal ini dapat dilihat dengan hasil belajar siswa pada siklus pertama masih rendah yaitu dari 30 siswa hanya 10 siswa yang tuntas dengan presentase 33%, namun pada siklus kedua mengalami peningkatan dari 30 siswa hanya 3 orang siswa yang tidak tuntas dan 27 siswa tuntas dengan presentase 90%. Sedangkan hasil aktivitas siswa pada siklus pertama yang dicapai masih rendah dengan presentase 43% kemudian meningkat pada siklus kedua dengan presentase 90%. Kata Kunci : pengetahuan konseptual, model pembelajaran TGT (Team Games ¬Tournament), PTK (Penelitian Tindakan Kelas).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Pendidikan Geografi
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 04 Mar 2025 01:10
Last Modified: 04 Mar 2025 01:10
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4523

Actions (login required)

View Item View Item