UMAGAPI, RUKMINI (2019) IMPLEMENTASI PENGELOLAAN KELAS EFEKTIF DALAM MENGEMBANKAN MUTU PEMBELAJARAN DI KELOMPOK B PAUD TERPADU ALKHAIRAT SKEEP KELURAHAN SALAHUDDIN KOTA TERNATE TENGAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
CAFER.pdf - Published Version Download (42kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (34kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (149kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (33kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengelolaan kelas efektif dalam mengembangkan mutu pembelajaran di kelompok B paud terpadu alkhairat skeep kelurahan salahuddin kota ternate tengah. Adapun objek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas dan ruangan kelas. Metode yang digunakn dalam penelitian ini deskriptif kualitatif dengan tehnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menyatakan bahwa pengelolaan kelas efektif dalam mengembangkan mutu pembelajaran pada kelompok B mulai berkembang dengan baik dilihat dari administrasi sudah cukup lengkap mulai dari PROSEM, RPPM, RPPH dan juga ABSEN yang sudah di persiapkan sebelum memulai pembelajaran dari tema yang akan di ajarkan dan fasilitas ruangan kelas sudah cukup lengkap mulai dari loker anak-anak, kas penyimpanan barang dan hasil karya anak-anak, AC, papan tulis, meja dan kursi untuk belajar, meja guru dan juga penataan rungan dengan berbagai hasil karya anak-anak atau gambar-gambar yang di pajang di dinding kelas dan langit-langit ruangan pemilihan cat warna-warni pada dinding kelas yang menambah kesan ceria. Faktor pendukung penerapan pengelolaan kelas yaitu: 1) sebagian besar peserta didik mudah diberi pengarahan, 2) suasana sekolah menunjang kegiatan pembelajaran, 3) adanya sarana dan prasarana yang mendukung pengelolaan kelas, serta 4) adanya partner di kelas untuk berbagi tugas. Sedangkan faktor penghambat dalam pengelolaan kelas yaitu: 1) adalah perbedaan karakteristik anak dalam satu kelas, 2) belum efektifnya cara preventif yang dilakukan guru dalam pengaturan peserta didik, serta 3) adanya perbedaan pandangan dan pendapat guru dengan partner di kelas. Cara yang dilakukan untuk mengatasi faktor yang menghambat dalam proses penerapan pengelolaan kelas pada kelompok B di Paud Alkhairat Skeep adalah dengan 1) melakukan pendekatan kepada anak, 2) mengajak anak untuk membantu anak lain, 3) mengingatkan anak kepada peraturan atau tata tertib yang sudah dibuat bersama, serta 4) Komunikasi dan sharing bersama partner di kelas. Kata kunci : pengelolaan kelas efektif, mutu pembelajaran
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Pg_Paud Fakultas > Pendidikan Pg_Paud Fakultas > Pendidikan Pg_Paud |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 01:37 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 01:37 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4536 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |