PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL (Suatu Penelitian Di Siswa Kelas VII SMP N 2 Kota Ternate Kelurahan Dufa-Dufa)

ASIS ALFI, ABDUL (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL (Suatu Penelitian Di Siswa Kelas VII SMP N 2 Kota Ternate Kelurahan Dufa-Dufa). Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (43kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (62kB)
[thumbnail of BAB 1 PENDAHULUAN.pdf] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (99kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (136kB)

Abstract

ABSTRAK Abdul Asis Alfi. 2019. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) Pada Materi Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Pada Materi Persamaan Linier Satu Variabel. ( Suatu penilitian Pada siswa Kelas VII-2 SMP Negeri 2 Kota Ternate Tahun ajaran 2019/2020 ). Pembimbing Dr. H. In Hi Abdullah, S.Pd.,M.Si dan Hasiryani Ishak,S.,Si.,M.Sc Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model pembelajarran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas VII-2 SMP N 2 Kota Ternate pada materi Persamaan Linier Satu Variabel, 2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkannya model pembelajarran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas VII-2 SMP N 2 Kota Ternate pada materi Persamaan Linier Satu Variabel, dan 3) Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas VII SMP N 2 Kota Ternate pada materi Persamaan Linier Satu Variabel. Desain penelitian ini yaitu One Group Pretest-Posttest Design.penelitian ini meupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design,populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kls VII SMP N 2 TERNATE 2019,data sampel yang dari 20 siswa. kelas VII dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang siswa.Instrument pengumpulan data terdiri atas soal Pretest dan Posttest berbentuk soal uraian yang disusun berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Untuk mengetahui kemampuan kemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi Persamaan Linier Satu Variabel yaitu data dianalisis dengan kriteria kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapaka model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi Persamaan Linier Satu Variabel, data dianalisis dengan menggunakan kriteria N-Gain. Untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, data dianalisis dengan menggunakan Statistic NonParametik Wilcoxon.Hasil analisis data menunjukan bahwa : 1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi Persamaan Linier Satu Variabel secara keseluruhan terdiri atas kategori sangat cukup dan kurang. 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi Persamaan Linier Satu Variabel secara keseluruhan terdiri atas interprestasi tinggi. 3) Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi Persamaan Linier Satu Variabel secara klasikal terdiri atas interprestasi tinggi. Adapun peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model pembejaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi Persamaan Linier Satu Variabel secara klasikal terinterprestasi tinggi. Kata Kunci : Model n Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 17 Mar 2025 05:12
Last Modified: 17 Mar 2025 05:12
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4539

Actions (login required)

View Item View Item