Keefektifan penggunaan metode pembelajaran SQ4R dalam menyimpulkan isi bacaan siswa kelas X TKJ Smk Mia Bato Tobelo Utara

Abdullah, Afriana S. (2024) Keefektifan penggunaan metode pembelajaran SQ4R dalam menyimpulkan isi bacaan siswa kelas X TKJ Smk Mia Bato Tobelo Utara. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (189kB)
[thumbnail of D. ABSATRAK BAHASA INDONESIA DAN BAHASA INGGRIS.pdf] Text
D. ABSATRAK BAHASA INDONESIA DAN BAHASA INGGRIS.pdf - Published Version

Download (153kB)
[thumbnail of F. BAB I.pdf] Text
F. BAB I.pdf - Published Version

Download (159kB)
[thumbnail of G. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (207kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah keefektifan penggunaan metode pembelajaran SQ4R dalam menyimpulkan isi bacaan siswa kelas X TKJ Smk Mia Bato Tobelo Utara. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan metode pembelajaran SQ4R dalam menyimpulkan isi bacaan siswa kelas X TKJ Smk Mia Bato Tobelo Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif berdesain pre-test dan post-test. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yakni lembar observasi, wawancara, test, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunkan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kuantitatif yang ditampilkan dalam bentuk angka-angka dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan data yang di peroleh dapat disimpulkan bahwa efektif menggunakan metode pembelajaran SQ4R dalam menyimpulkan isi bacaan siswa kelas X TKJ Smk Mia Bato Tobelo Utara dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sesuai dengan kreteria ketuntasan minimal (KKM) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang telah ditetapkan di SMK Mia Bato Tobelo Utara yakni 70. Hal ini dapat dilihat dengan perolehan nilai rata –rata pre-test siswaa 68,6. Setelah pelaksaan post-test menyimpulkan isi bacaan menggunkan metode pembelajaran SQ4R telah mengalami peningkatan. Peningkatan ini dapat dilihat pada rata-rata post-test siswa yang telah mencapai KKM yang telah ditentukan dengan nilai 75.5. Kata kunci: Keefektifan, Metode Pembelajaran SQ4R

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QK Bahasa Indonesia
Q Science > QK Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 19 Mar 2025 03:46
Last Modified: 19 Mar 2025 03:46
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4551

Actions (login required)

View Item View Item