JABIR, JUSMINA HI. (2019) “Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Number Head Together Berbasis Pendekatan Santifik Pada Materi Bangun Segi Empat“ (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Kota Tidore Kepulauan Tahun Ajaran (2018/2019). Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
CAFER.pdf - Published Version Download (82kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (94kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (194kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (45kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengertahui 1). kemampuan pemahaman konsep matematis malalui pembelajaran Number Head Together berbasis pendekatan santifik pada materi segi empat. 2) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII–A malalui model pembelajaraan kooperatif tipe Number Head Together. 3) terdapat peningkatan kemampuan konsep matematis siswa kelas VII-A melalui model pembelajaran Number Head Together. Penelitian ini mengunakan metode pre Experimental design dengan rencana penelitian one group pretest posttest design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari soal tes (pretest dan posttest) untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa teknik analisis data data menggunakan analisis Deskriptif yaitu Pedoman Acuan Patokan (PAP) skala 5 dan perhitungan gain ternormalisasi (N-Gain). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui pembelajaran Number Head Together berbasis pendekatan saintifik pada materi bangun segi empat di kategorikan 15% sangat tinggi, kategori 20% tinggi, kategori 40% sedang, kategori rendah 15% dan kategori 10% sangat rendah. 2) peningkatan kemampuan pamahaman konsep matematis siswa kelas VII-A melaui model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together dengan menggunakan rumus N-Gain diperoleh nilia rata-rata pretes 50,00 dan nilai rata-rata posttest 73,75. 3) terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII-A melalui model pembelajaran Number Head Together sebesar 0,60 menunjukan bahwa peningkatan berada pada interpretasi sedang. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa, Model Pembelajaran Number Head Together, Dan Segi Empat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 19 Mar 2025 01:48 |
Last Modified: | 19 Mar 2025 01:48 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4559 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |