PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNKAN MODEL PEMEBELAJARAN SAVI SISWA KELAS VIII SMP NEGARI 3 KOTA TERATE

AHMAD, KUSNADI (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNKAN MODEL PEMEBELAJARAN SAVI SISWA KELAS VIII SMP NEGARI 3 KOTA TERATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of 01-CAVER.pdf] Text
01-CAVER.pdf - Published Version

Download (71kB)
[thumbnail of 07-ABSTRAK KUSNADI.pdf] Text
07-ABSTRAK KUSNADI.pdf - Published Version

Download (11kB)
[thumbnail of BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (130kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaiti: (1) Bagaimanakah kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan model pembelajaran SAVI siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Ternate?; (2) Sejaumanakah kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan model pembelajaran SAVI siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota ternate. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan model pembelajaran SAVI siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Ternate; (2) Untuk mengetahui sejaumana kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan model pembelajaran SAVI siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota ternate. Dari hasil analisis observasi guru mengajar sesui dengan teknik-teknik dalam pembelajaran SAVI, guru membimbing siswa dalam menulis karangan narasi secara bertahap. Guru melakukan membimbing siswa menulis karangan narasi secara mandiri. Guru dan siswa memeriksa tulisan karangan narasi siswa, dan guru mengahiri pembelajaran dengan mengucap salam. Dari hasil wawancara denagan guru mata pelajaran bahasa indonesia, diketahui bahwa model pembelajaran SAVI belum digunakan dalam kegiatan pembelajaran dikelas sebelumnya. Menurut guru bahasa indonesia model pembelajaran SAVI sangat efektif diterapkan dalam pembelajaran karangan narasi. Pada tes awala menulis karangan narasi, diketahui siswa SMP Negeri 3 Kota Ternate belum mampu menulis karangan narasi dengan baik, hal ini dapat dilihat berdasarkan aspek Tema diketahui nilai rata-rata 66,92 aspek Alur siswa nilai ratarata 72,31 aspek Latar diketahui nilai rata-rata 70,38 aspek Tokoh diketahui nilai ratarata 69,23 aspek Tempat dan Waktu diketahui nilai rata-rata 69,62. Sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 69,69. Dengan demikian diketahui bahwa siswa belum mampu menulis karangan narasi secara baik. Pada tes akhir menulis karangan narasi, diketahui siswa SMP Negeri 3 Kota Ternate berdasarkan aspek Tema diketahui nilai rata-rata 76,15 aspek Alur diketahui nilai rata-rata 79,62 aspek Latar diketahui nilai rata-rata 78,85 aspek Tokoh diketahui nilai rata-rata 77,68 aspek Tempat dan Waktu diketahui nilai rata-rata 80. Sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 78,54. Dengan demikian diketahui bahwa siswa telah mampu menulis karangan narasi secara baik. Kata Kunci: Menulis Karangan Narasi Model Pembelajaran SAVI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QK Bahasa Indonesia
Q Science > QK Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 19 Mar 2025 03:47
Last Modified: 19 Mar 2025 03:47
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4564

Actions (login required)

View Item View Item