Rahman, Wahdania I. Abd (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERPENDEKATAN STEM TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (122kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (92kB) |
![]() |
Text
E. BAB I.pdf - Published Version Download (232kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (214kB) |
Abstract
Pendidikan sangat berperan penting dalam membentuk generasi penerus bangsa. Melalui pendidikan akan tercipta sumberdaya manusia yang mampu membangun dirinya sendiri maupun bangsanya, sehingga mutu pendidikan perlu untuk ditingkatkan. Pembelajaran merupakan kegiatan yang melibatkan berbagai macam komponen, antara lain: siswa, guru, kurikulum, sarana dan prasarana pendidikan. Model Problem Based Learning (PBL) dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar peserta didik. Pemilihan model atau strategi yang tepat memberi dampak positif dalam kegiatan belajar.Era revolusi industri 4.0 dan merdeka belajar memberikan kesempatan dalam melakukan inovasi dalam kegiatan pembelajaran.Pendekakatan Sience, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) menjadi alternatif pembelajaran sains untuk membangun generasi yang mampu menghadapi tantangan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran PBL berpendekatan STEM terhadap hasil belajar pada materi sistem pencernaan pada manusia di SMP Negeri 4 Kota Ternate. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas adalah penelitian tindakan yang bersifat reflektif yang terdiri dari empat tahapan, yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berpendekatan STEM dapat peningkatkan hasil belajar peserta didik pada Kelas VIII Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia di SMP Negeri 4 Kota Ternate. Hasil belajar peserta didik dengan mengunakan model pembelajaran PBL berpendekatan STEM pada siklus I sebanyak 20 peserta didik atau sebesar 66,67% yang belum mencapai ketuntasan belajar. Sedangkan pada siklus II sudah mengalami peningkatan hasil belajar peserta didik sebanyak 26 peserta didik atau sebesar 86,67% peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar, sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran PBL berpendekatan STEM dapat meningkatkan hasil belajar. Hasil observasi aktivitas peserta didik pada siklus I yaitu 49%, siklus II yaitu meningkat menjadi 81%. Sedangkan hasil observasi aktivitas guru siklus I yaitu 54%, siklus II meningkat menjadi 88%. Kata Kunci : hasil belajar, problem based learning, Science, Technology, Engineering
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QR Biologi Q Science > QR Biologi |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Biologi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rini R. Thalib |
Date Deposited: | 05 May 2025 01:27 |
Last Modified: | 05 May 2025 01:27 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4888 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |