ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP NEGERI 1 KOTA TERNATE PADA KONSEP GETARAN DAN GELOMBANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING

Gay,, Sarmin (2024) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP NEGERI 1 KOTA TERNATE PADA KONSEP GETARAN DAN GELOMBANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (117kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (91kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (222kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (89kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya kemampuan literasi sains siswa kelas VIII SMP pada konsep getaran dan gelombang dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional untuk kemampuan antara dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Analisis deskriptif dilakukan untuk melihat kemampuan literasi sains siswa. Siswa yang memiliki kemampuan literasi sangat tinggi sebanyak 0 dengan persentasi 0%, siswa yang memiliki kemampuan tinggi sebanyak 5 siswa dengan persentase 20%. Siswa yang memiliki kemampuan sedang 15 siswa dengan persentase 60%. Sedangkan siswa yang memiliki kemampuan rendah lebih banyak 5 siswa dengan persentase 20% dan siswa yang memiliki kemampuan sangat rendah 0 siswa dengan persentase 0%.Hal ini menunjukan terdapat peningkatan setelah diterapkannya pembelajaran discovery learning: (1) Identifikasi Masalah, Berdasarkan hasil nilai kemampuan literasi sains siswa pada indikator mengidentifikasi masalah ilmiah, dapat diketahui bahwa nilai rata-rata keseluruhan diperoleh 18%.(2) Mengembangkan Kemungkinan Solusi, Berdasarkan hasil nilai kemampuan literasi sains siswa pada indikator mengidentifikasi masalah ilmiah, dapat diketahui bahwa nilai rata-rata keseluruhan diperoleh 17% (3) Pengumpulan Data, Berdasarkan hasil nilai kemampuan literasi sains siswa pada indikator mengidentifikasi masalah ilmiah, dapat diketahui bahwa nilai rata-rata keseluruhan diperoleh 17%. (4) Analisis dan Interpretasi Data, Berdasarkan hasil nilai kemampuan literasi sains siswa pada indikator mengidentifikasi masalah ilmiah, dapat diketahui bahwa nilai rata-rata keseluruhan diperoleh 19%. (5) Uji Kesimpulan, Berdasarkan hasil nilai kemampuan literasi sains siswa pada indikator mengidentifikasi masalah ilmiah, dapat diketahui bahwa nilai rata-rata keseluruhan diperoleh 19%. Kata Kunci: Literasi Sains, Getaran dan Gelombang, Discovery Learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Fisika
Q Science > QC Fisika
Divisions: Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Pendidikan Fisika
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 05 May 2025 05:48
Last Modified: 05 May 2025 05:48
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4918

Actions (login required)

View Item View Item