HEUVELMAN, ALMA S. (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PUISI PADA MATERI BANGUN DATAR BERATURAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
CAFER.pdf - Published Version Download (49kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (51kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (115kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (98kB) |
Abstract
enelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis puisi sebagai media pembelajaran matematika dalam materi bangun datar beraturan. Jenis penelitian pengembangan ini mengacu pada pendapat Brog dan Gall,meliputi:1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain media pembelajaran, validasi dan 4) uji coba media hasil desain. Validasi oleh ahli matematika sebanyak 4 orang dosen, ahli sastra sebanyak 2 orang dosen yang semuanya adalah dosen di FKIP Unkhair. Responden uji coba adalah 15 peserta didik kelas VII SMP Negeri 7 Kota Ternate. Teknik analisis data secara deskriptif dan inferensial. Bentuk frekuensi dan inferensial menggunakan analisis Cochran-Q. Berdasarkan hasil penelitian sebagaimana diuraikan berikut: Media pembelajaran matematika berbasis puisi sebagai media pembelajaran yang belum pernah dikembangkan berpotensi untuk digunakan dalam pembelajaraan matematika materi bangun datar beraturan, khususnya persegi dan persegi panjang. Puisi matematika materi persegi dan persegi panjang memenuhi syarat kevalidan oleh para ahli sebagai suatu media pembelajaran matematika berbasis puisi, karena sebesar 66,67% terhadap puisi matematika materi persegi dan sebesar 95,83% terhadap puisi matematika materi persegi panjang dinyatakan valid, sehingga puisi matematika tersebut memenuhi syarat sebagai media pembelajaran matematika. Para ahli memberikan pendapat yang seragam terhadap produk media pembelajaran matematika berbasis puisi, sehingga puisi matematika materi persegi dan persegi panjang layak digunakan sebagai media pembelajaran. Puisi matematika materi persegi dan persegi panjang memenuhi syarat keterbacaan, karena sebesar 70,40% puisi matematika materi persegi dan sebasar 78,83% puisi matematika materi persegi panjang dapat memenuhi syarat keterbacaan oleh peserta didik sebagai responden uji coba, sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran matematika materi bangun datar beraturan. Kata kunci: media pembelajaran, persegi, persegi panjang
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 02:22 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 02:22 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4995 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |