PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA DI SD KELAS III ISLAMIAH 5 TERNATE TAHUN AJARAN 2018/2019

SUFI, FARIYATI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA DI SD KELAS III ISLAMIAH 5 TERNATE TAHUN AJARAN 2018/2019. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (64kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (31kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (147kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (51kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah: masih rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Kelas III Islamiah 5 Ternate. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Tehnik pengumpulan data adalah dokumentasi dan tes. Data dianalisis menggunakan uji independent sample t test Polled Varian. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar kognitif IPS siswa kelas VB SD Kelas III Islamiah 5 Ternate Tahun Ajaran 2019/2020. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran IPS menggunakan model NHT pada kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang mengikuti metode pembelajaran ceramah pada kelas kontrol. Kata kunci: Hasil belajar, IPS, number head together

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 12 Sep 2025 00:19
Last Modified: 12 Sep 2025 00:19
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5106

Actions (login required)

View Item View Item