LAUDU, IRFAN (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA TEMA “PEDULI TERHADAP MAHLUK HIDUP” (PTK Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 52 Kota Ternate). Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
CAFER.pdf - Published Version Download (78kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (31kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (112kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (34kB) |
Abstract
aktivitas belajar siswa kelas IV dan penerapan strategi pembelajaran belum memenuhi manfaat penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran word square dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa. Model penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 52 Kota Ternate berjumlah 16 siswa. Metode pengumpulkan data adalah : 1) Tes, 2) Observasi, 3) Dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah statistik deskriptif yaitu dengan mencari rerata. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran word square pada proses pembelajaran pada materi sub tema 1 Peduli Terhadap Mahluk Hidup sub tema 2 Daur Ulang Mahluk Hidup dapat meningkatkan aktivitas siswa. Hasil dalam penelitian ini adalah berdasarkan hasil analisis data dapat disimpukan pada siklus I siswa yang mencapai kualifikasi tuntas sebanyak 4 atau 25% dan yang tidak tuntas 12 atau 75%. pada siklus II siswa yang mencapi kualifikasi tuntas sebanyak 13 atau 81,25% dan yang tidak tuntas 18,75%. Siswa yang tidak tuntas berdasarkan hasil tes siklus II, siswa yang memiliki nilai tuntas meningkat dari 25% menjadi 81,25% hal ini mengakibatkan KKM yang ditentukan oleh sekolah SD Negeri 52 Kota ternate suda tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan dari penerapan model Word Square pada materi peduli terhadap mahluk hidup menggalami peningkatan hasil belajar pada siswa SD Negeri 52 Kota Ternate Kata kunci: Aktivitas Belajar, Tematik, Word Square.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 01:51 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 01:51 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5112 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |