JULIANTI NYO, JULIANTI NYO (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LAGU SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 TIDORE KEPULAUAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
CAFER.pdf - Published Version Download (38kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (36kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (87kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (31kB) |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Apakah peningkatan keterampilan menulis cerpen dengan menggunakan media lagu siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Tidore Kepulauan? (2) Bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis cerpen dengan menggunakan media lagu siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Tidore Kepulauan? Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) Untuk mengetahui apakah peningkatan keterampilan menulis cerpen dengan menggunakan media lagu siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Tidore Kepulauan. (2) Untuk mengetahui bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis cerpen dengan menggunakan media lagu siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Tidore Kepulauan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Tidore Kepulauan sebanyak 25 siswa sedangkan sampel dalam penelitin ini merupakan keseluruhan dari jumlah populasi sebanyak 25 siswa sebesar 100%. Hasil penelitian ini yaitu (1) Observasi, guru bahasa Indonesia telah mengajarkan siswa dengan materi pembelajaran menulis cerpen melalui menggunakan media lagu dan guru telah melaksanaan proses pembelajaran dengan baik sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); (2) Wawancara, siswa berminat dan senang dengan pembelajaran menulis cerpen menggunakan media lagu. Media lagu sangat membantu mereka dalam menentukan tema yang akan mereka jadikan cerpen. Tema yang disuguhkan yaitu mengenai persahabatan yang khas dengan dunia mereka; (3) Tes awal (pretest) siswa yang mendapatkan kualifikasi sangat baik (SB) sebanyak 3 siswa sebesar 12%, siswa yang mendapatkan kualifikasi baik (B) sebanyak 5 siswa sebesar 20%, siswa yang mendapatkan kualifikasi cukup baik (CB) sebanyak 9 siswa sebesar 36%, siswa yang mendapatkan kualifikasi kurang baik (KB) sebanyak 8 siswa sebesar 32%, dan siswa yang mendapatkan kualifikasi kurang sekali (KS) sebanyak 0 siswa sebesar 0%. Belum mencapai peningkatan nilai; (4) Tes akhir (posttest) siswa yang mendapatkan kualifikasi sangat baik (SB) sebanyak 8 siswa sebesar 32%, siswa yang mendapatkan kualifikasi baik (B) sebanyak 11 siswa sebesar 44%, siswa yang mendapatkan kualifikasi cukup baik (CB) sebanyak 4 siswa sebesar 16%, siswa yang mendapatkan kualifikasi kurang baik (KB) sebanyak 2 siswa sebesar 8%, dan siswa yang mendapatkan skor 1 kualifikasi kurang sekali (KS) sebanyak 0 siswa sebesar 0%. Mencapai peningkatan nilai. Kata Kunci: Menulis Cerpen, Media Lagu
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 02:08 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 02:08 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5115 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |