PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MIS NURUDDIN KOTA TERNATE

RAHMAN, LAILAH (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MIS NURUDDIN KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (52kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (30kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (137kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (31kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa. Hal itu dibuktikan dengan perolehan nilai siswa pada tes studi pendahuluan dengan hasil belajar yang masih berada di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Salah satu model pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah creative problem solving (CPS). Adapun langkah-langkah creative problem solving dalam penelitian ini yaitu (1) Klarifikasi masalah, (2) Pengungkapan pendapat atau gagasan, (3) Evaluasi dan seleksi pemilihan, (4) Implementasi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Nuruddin Kota Ternate pada sub pokok bahasan menafsirkan data dan penyajian data dalam diagram batang. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan instrumen yang digunakan adalah tes, lembar observasi guru dan siswa. Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa model pembelajaran creative problem solving (CPS) dapat meningkatkan hasil belajar pada sub pokok bahasan menafsirkan data dan penyajian data dalam diagram batang. Hal ini dapat ditunjukkan dengan perolehan rata-rata skor hasil belajar siswa sebesar 80,66% (siklus I) meningkat menjadi 98,66% (siklus II). Jumlah siswa yang tuntas belajar pada siklus I adalah 10 siswa (66,66%) meningkat menjadi 15 siswa (100%) pada siklus II dari jumlah 15 siswa. Aktifitas belajar kelompok siswa juga mengalami peningkatan dari 61,66% (siklus I) meningkat menjadi 86,66% (siklus II). Kata kunci: Creative problem solving, hasil belajar matematika, peningkatan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 12 Sep 2025 02:33
Last Modified: 12 Sep 2025 02:33
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5116

Actions (login required)

View Item View Item