PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DI KELAS V MIN 2 TERNATE

PAWANE, MUHAMMAD (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DI KELAS V MIN 2 TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (51kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (31kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (49kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB)

Abstract

Tujuan dilaksanakan penelitian ini yaitu (1) Untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) siswa kelas V MIN 2 Ternate (2) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas V MIN 2 Ternate. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari empat tahap yaitu (1) Tahap Perencanaan (2) Tahap pelaksanaan (3) Tahap Observasi (4) Tahap Refleksi. Subjek dalam penilitian ini adalah siswa kelas V MIN 2 Ternate Tahun Ajaran 2018-2019 yang berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik test, yang dilakukan sebanyak 3 kali yaitu pada siklus I dilakukan tes awal, tes akhir dan siklus II yang dilakukan tes akhir. Berdasarkan hasil penelitian di MIN 2 Ternate diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition dalam pembelajaran membaca pemahaman, hasil belajar dari tes awal dan tes akhir mengalami peningkatan yang signifikan di mana pada hasil tes siklus I sebesar 55%, sedangkan hasil tes akhir pada siklus II meningkat sebesar 90%. Kata Kunci : Membaca Pemahaman, Model CIRC

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 15 Sep 2025 03:12
Last Modified: 15 Sep 2025 03:12
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5120

Actions (login required)

View Item View Item