PENERAPAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 40 HALMAHERA BARAT

Manaf, Mustadin Abd (2019) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 40 HALMAHERA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (94kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (46kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (30kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) Pada Siswa Kelas III SD Negeri 40 Halmahera Barat, dan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa Kelas III SD Negeri 40 Halmahera Barat, setelah digunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada Kerja Sama Di Berbagai Lingkungan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah siswa 17 orang yang terdiri dari laki-laki 14 0rang dan perempuan 3 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap yaitu untuk menentukan ketuntasan hasil belajar siswa secara individual, untuk menentukan ketuntasan belajar siswa secara klasikal dan untuk menghitung persentase hasi aktifitas siswa dan guru. Hasil penelitian ini menujukan terdapat peningkatan pada setiap siklus, dimana siklus I diperoleh ketuntasan belajar dengan presentase 47,05% sebanyak 8 siswa, aktifitas guru 58,09% dan aktifitas siswa 59,37%. Kemudian pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar siswa dengan presentase 76,47% siswa aktifitas guru meningkat menjadi 81,81% dan aktifitas siswa 81,25%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran mengunakan model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 40 Halmahera Barat Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, STAD, Hasil Belajar Siswa SD Negeri 40 Halmahera Barat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 15 Sep 2025 03:24
Last Modified: 15 Sep 2025 03:24
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5122

Actions (login required)

View Item View Item